6 Fakta Kesehatan yang Ternyata Salah

Banyak fakta kesehatan yang sering kita dengar sehari-hari hingga tak sedikit orang yang mempercayainya sebagai titah praktisi kesehatan profesional. Padahal, belum tentu semuanya benar. Berikut adalah rentetan fakta kesehatan yang nyatanya, hanyalah mitos belaka.

Kopi Menghambat Pertumbuhan

Tidak ditemukan hasil studi komprehensif untuk mengkonfirmasi kebenaran dari fakta kesehatan satu ini. Namun, mayoritas penelitian tidak menemukan korelasi antara konsumsi kafein dengan pertumbuhan tulang pada anak-anak.

Kopi Hitam

Kopi Hitam

Pada orang dewasa, penelitian melihat bahwa peningkatan konsumsi kafein memang dapat mengurangi penyerapan kalsium. Namun, efek tersebut sangatlah kecil bahkan satu sendok susu dapat memperbaikinya.

Kedinginan Bikin Pilek

Kedinginan secara fisik bukan yang menyebabkan kamu sakit pilek, paparan virus lah penyebab dibaliknya. Tidak ditemukan bukti bahwa dengan keluar di suhu dingin dengan rambut basah akan membuatmu pilek.

Hujan

Hujan

Tapi bagaimana banyak orang bisa ramai-ramai sakit pilek saat musim hujan? Jawabannya karena orang-orang cenderung berdiam diri di dalam ruangan, sehingga kesempatan untuk terjangkit virus dari orang lain akan semakin besar.

Jadi jangan heran jika kamu sudah keluar memakai baju tebal berlapis tapi masih aja pilek. Kedinginan bukan penyebabnya, melainkan paparan virusnya.

Tablet Vitamin Membuat Tubuh Tetap Sehat

Dari anak kecil hingga dewasa, terdapat produk pil atau tablet vitamin yang menjanjikan tubuh agar tetap sehat terhindar dari virus dan bakteri. Terdengar ajaib memang, satu tablet yang rasanya seperti permen bisa menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit?

Tablet Vitamin

Tablet Vitamin

Setelah berabad-abad penelitian pada vitamin, mayoritas tidak menemukan pembenaran antara kebiasaan mengkonsumsi vitamin dengan manfaat kesehatan yang dijanjikan. Bahkan, vitamin telah diasosiasikan dengan meningkatnya resiko berbagai macam jenis kanker. Orang yang kurang nutrisi, misalnya yang dalam proses penyembuhan bisa merasakan manfaat vitamin. Bagi orang sehat, vitamin bisa didapatkan secara natural melalui makanan yang kita konsumsi.

Kita Harus Minum 8 Gelas Air Sehari

Hidrasi memang sangat penting, namun 8 gelas air sehari ternyata tidak begitu tepat dengan kebutuhan tubuh ini. Kita mendapatkan cairan untuk tubuh tidak hanya dari air putih saja, melainkan juga minuman lain dan bahkan makanan yang kita konsumsi.

Mineral Water

Mineral Water. Sumber: seriouseats.com

Meskipun begitu, memang ada alasan mengapa air putih lebih menyehatkan dibanding pilihan minuman lain, seperti nihilnya kandungan kalori.

Minumlah saat kamu haus, tidak usah repot menghitung berapa gelas air yang telah kamu tenggak.

Belum Jatuh 5 Detik, Aman Dimakan!

Sial memang ketika kamu baru saja beli makanan, belum dicicip sudah jatuh duluan. Karena sayang dengan dalih belum 5 detik, tak jarang yang rela makan makanan yang sudah mencium tanah itu.

Makanan yang Jatuh Terkontaminasi Bakteri dalam Mili Detik

Makanan yang Jatuh Terkontaminasi Bakteri dalam Mili Detik. Sumber: sciencenews.org

Sayangnya, peraturan 5 detik ini tidaklah benar. Bakteri dapat mengkontaminasi makanan dalam mili detik! Makanan yang basah dan lembab menarik lebih banyak bakteri dibanding dengan makanan kering. Namun tetap saja, tidak ada durasi aman untuk makanan yang telah terjatuh. Amannya makanan tersebut tergantung pada kebersihan permukaan tempat dimana makanan terjatuh.

Yogurt dapat Memperbaiki Masalah Pencernaan

Yang satu ini merupakan fakta kesehatan modern yang baru-baru ini muncul. Yogurt memang dipasarkan sebagai produk yang mempunyai manfaat untuk pencernaan dan membantu untuk menjaga tubuh tetap langsing. Keduanya diklaim karena kandungan probiotik atau bakteri baik dalam yogurt. Ditambah lagi, penelitian memang telah menemukan bahwa bakteri yogurt tersebut dalam tubuh memang berhubungan dengan metabolisme sekaligus tingkat obesitas, sehingga klaim fakta kesehatan yogurt ini pun semakin menguat.

Contoh Produk Plain Yogurt yang Ada di Supermarket

Contoh Produk Plain Yogurt yang Ada di Supermarket. Sumber: twitter.com/cimory

Meskipun begitu, yogurt bukannya tidak sehat. Yogurt memang mempunyai manfaat untuk tubuh kita, hanya saja keuntungan tersebut dilebih-lebihkan. Selain itu, banyak varian yogurt yang mempunyai tambahan gula, yang dapat berkontribusi dalam soal berat badan dan masalah lain.

Tidak dapat memperbaiki masalah pencernaan memang, namun bakteri dalam yogurt dapat menyehatkan pencernaan kamu. Jika kamu punya masalah pencernaan, jangan harap yogurt bisa menjadi pengganti obat.

Leave a Reply