6 Fakta Frozen Food yang Tak Kamu Sangka

Selain Indomie, frozen food adalah penyelamat bagi yang terlalu sibuk atau malas memasak. Keluar beli makan mencari-cari menu yang rasanya top dengan harga murah juga bisa menguras tenaga, apalagi saat pulang kerja atau kuliah. Frozen food pun menjadi pilihan pintas untuk menu makanan. Cara mendapatkannya pun tak susah karena tiap supermarket menjual beberapa varian. Makanan cepat saji seperti frozen food memang mengutamakan kepraktisan dalam penyajian sehingga nutrisinya pun sering diabaikan. Namun, hal tersebut tidak selamanya benar. Kamu pun bisa dengan praktis menyiapkan makanan dan mendapatkan asupan nutrisi secara bersamaan. Berikut adalah beberapa mitos mengenai frozen food, yang bahkan berlawanan dengan fakta frozen food yang tak begitu banyak diketahui.

Nutrisinya Lebih Sedikit

Memang benar nutrisi dalam frozen food bisa menghilang saat disimpan karena semakin segar makanan, maka semakin kaya pula makanan tersebut mengandung nutrisi. Makanan yang telah matang dipillih kemudian disimpan dalam kemasan. Didistribusikan ke toko-toko yang jaraknya pun jauh. Dalam masa tersebut hilanglah nutrisi dalam makanan.

Periksa Informasi Nutrisi dan Bahan yang Tercantum pada Label Kemasan sebelum Membeli

Periksa Informasi Nutrisi dan Bahan yang Tercantum pada Label Kemasan sebelum Membeli. Sumber: rinimarendra.wordpress.com

Akan tetapi, frozen food pun bahannya dipilih ketika makanan tersebut sedang matang-matangnya, sehingga ketika disimpan dan dibekukan, maka kandungan nutrisinya pun akan ikut “terkunci” di dalamnya. Sayur mayur, segar maupun frozen, proses memasaknya pun dapat mengurangi nutrisi yang ada. Masaklah dengan cara mengukusnya karena cara tersebut akan mencegah nutrisi sayur untuk hilang.

Diproses dengan Pengawet

Memang frozen food dipenuhi dengan produk makanan yang kurang begitu sehat karena banyaknya bahan pengawet yang digunakan. Namun, hal ini bukanlah fakta frozen food sepenuhnya. Terdapat pula banyak pilihan lain yang sehat bagi tubuh. Saat memilih produk frozen, pilihlah jenis yang terbuat dari bahan alami tanpa pengawet. Pastikan untuk selalu mengecek label komposisi yang tercantum pada kemasan. Karena percaya atau tidak, masih ada frozen food yang tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali.

Lebih Mahal

Makanan frozen tak selalu harus lebih mahal dibanding dengan makanan segar. Memang harganya sedikit diatas sayur segar di supermarket. Namun, tentunya harga tersebut tak sebanding dengan makanan-makanan yang dijual di restoran.

Timbun Stok Saat Potongan Harga Berlaku

Timbun Stok Saat Potongan Harga Berlaku. Sumber: tribunnews.com

Cobalah untuk membeli frozen food beberapa sekaligus. Stok yang ditimbun dalam freezer pun harus selalu diperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih menghemat dalam soal makanan.

Semua Makanan Bisa Dijadikan Frozen Food

Banyak makanan memang yang dapat dibekukan secara efektif dan juga terjaga tekstur dan rasa aslinya. Namun, beberapa makanan memang lebih baik dinikmati dalam keadaan segar karena rasanya akan menjadi hambar ketika disimpan dalam freezer.

Sayur Mayur juga Bisa Dijadikan Frozen Food

Sayur Mayur juga Bisa Dijadikan Frozen Food. Sumber: today.com

Contohnya saja saus krim dan kopi yang rasanya akan berkurang ketika dibekukan. Buah dan sayur yang memiliki kandungan air tinggi seperti semangka dan selada juga malah akan menjadi lembek saat dibekukan.

Makanan Beku Bebas dari Bakteri

Memang makanan beku dapat membuat bakteri menjadi pasif, namun hal tersebut tidak akan menihilkan bahaya kontaminasi bakteri. Saat makanan dicairkan, bakteri dalam makanan pun masih ada, kembali aktif. Cara satu-satunya untuk memastikan makananmu aman dari bahaya bakteri adalah dengan memasaknya dalam temperatur yang direkomendasikan.

Saat membekukan makanan, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk meminimalisir kontaminasi. Seperti ketika kamu memasak, penting halnya untuk mencuci tanganmu dengan bersih sebelum mempersiapkannya untuk disimpan dalam freezer. Cuci bersih sayur dan buah dan keringkan sebelum dikemas untuk dibekukan. Gunakan pula kemasan yang bersih untuk menyimpannya.

Frozen Food Tak akan Kedaluwarsa

Benar adanya bahwa frozen food tahan lebih lama dibandingkan makanan yang segar. Namun, kualitas dan rasanya pun akan berkurang jika disimpan terlalu lama. Sup bisa bertahan hingga 2-3 bulan, buah san sayur 8-12 bulan, daging olah 2-4 bulang, dan daging mentah 4-12 bulan.

Dari uraian fakta frozen food dari mitos yang dipercaya oleh banyak orang diatas, manakah yang tidak kamu sangka?

Leave a Reply