Tips Memilih Kotak Makan yang Aman dan Baik Untuk Kesehatan

Membawakan bekal makanan untuk ke kampus maupun kantor memang dapat mengurangi bahaya kesehatan yang mungkin menyerang akibat jajan sembarangan. Akan tetapi, tahukah kamu jika ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih kotak makan yang akan dipakai? Inilah tips-tips memilih kotak makan yang aman dan baik untuk kesehatan diri dan juga lingkunganmu!

Perhatikan Kualitasnya

Source: www.pixabay.com

Source: www.pixabay.com

Ada banyak pilihan kotak makan yang dijual di pasaran. Beberapa kotak makanan memiliki gambar-gambar lucu dibagian tutupnya, sayangnya jenis kotak makan yang seperti ini terbuat dari bahan yang tidak tahan lama. Terkadang kotak makan ini juga membuat isi makanan di dalamnya mudah tumpah. Sebaiknya, kamu memilih kotak makan yang terbuat dari bahan melamin atau aluminium. Kotak makan yang terbuat dari kedua bahan tersebut memiliki kualitas lebih baik meskipun biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal. Tidak masalah mengingat keawetannya untuk beberapa tahun ke depan, bukan?

Harus Mudah Dibersihkan

Source: www.tokopedia.com

Source: www.tokopedia.com

Hindari untuk memilih kotak makan yang memiliki beberapa kotak lainnya dalam satu wadah. Jika kotak makan pilihanmu sulit untuk dibersihkan, maka bahaya kuman yang muncul akibat sisa makanan atau bahkan sisa sabun justru mengancam kesehatan tubuh.

Sesuaikan Ukurannya

Source: www.id.aliexpress.com

Source: www.id.aliexpress.com

Selanjutnya, kamu harus bisa memilih kotak makan yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Pilih ukuran yang lebih kecil ketika kamu hanya membawa porsi kecil. Hal ini bertujuan agar kamu tidak perlu kerepotan saat membawa kotak makan ke kampus atau kantor. Kotak makan dengan ukuran yang tidak terlampau besar juga lebih mudah dimasukkan ke dalam.

Pikirkan Dampaknya Untuk Lingkungan

Source: www.id.aliexpress.com

Source: www.id.aliexpress.com

Membawa kotak makan dari rumah juga dapat mengurangi penggunaan kantong plastik yang dapat mencemari lingkungan. Coba bayangkan berapa banyak kantong plastik yang akan dibutuhkan jika setiap hari kamu membeli makanan? Pikirkan dampaknya bagi lingkungan kita, mengingat plastik membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai.

 

Sudah tahu, kan, apa saja yang harus diperhatikan ketika kamu akan memilih kotak makan? Yuk siapkan menu makan siang favorit kamu! Jangan lupa berbagi dengan teman-teman jika membawa bekal lebih banyak, ya.

Comments

comments

Ordnella
giovaniat@hotmail.com