4 Obat Sariawan Alami Alternatif Abothyl, Semuanya Gampang Didapat!

Sariawan, seperti batuk dan pilek merupakan penyakit yang sangatlah umum, bisa melanda siapa saja dan kapan saja. Akhir-akhir ini pun kita semua dihebohkan dengan berita tentang obat sariawan yang dikenal sangat ampuh untuk menyembuhkan sariwan dalam waktu singkat. Tak lain tak bukan, obat tersebut adalah Abothyl. Obat keluaran PT Pharos yang kini telah dicabut ijin edarnya oleh BPOM. Karena khasiatnya yang ampuh dan cepat, berita dicabutnya ijin pun menjadi sorotan.

Ternyata, kandungan dalam Abothyl dilaporkan dapat menyebabkan penyakit yang lebih membahayakan dari sekedar sariawan, seperti Myelofibrosis yang dapat menyebabkan kematian! Pantas Abothyl ijinnya dicabut. Jika kamu biasa pakai Abothyl untuk mengobati sariawan dan kini bingung cari penggantinya, tak perlu khawatir. Banyak sekali bahan-bahan alami di rumah yang dapat menyembuhkan sariawan sama ampuhnya. Berikut adalah daftar obat sariawan alami alternatif Abothyl yang bisa kamu coba.

Garam

Garam dapat membersihkan area mulut yang terkena sariawan. Kamu tinggal menempelkan taburan garam diatas area sariawan dan tahan hingga beberapa menit lamanya. Setelah selesai, kamu bisa memberishkan mulut dari butir-butir garam dengan cara berkumur air garam. Sama seperti saat berkumur menggunakan mouthwash, kumur  air garam beberapa menit (kurang lebih 1 menit). Barulah kamu sudah bisa membersihkan rasa asin garam dengan berkumur menggunakan air biasa.

Garam Meja Mudah Sekali Didapatkan, di Dapur Pasti Ada

Garam Meja Mudah Sekali Didapatkan, di Dapur Pasti Ada. Sumber: refina.co.id

Garam bisa mempercepat proses penyembuhan. Tapi sayangnya, penggunaan garam ini akan terasa jauh lebih nyeri jika dibandingkan dengan Abothyl. Meskipun begitu, garam tentunya lebih aman jika dibandingkan dengan Abothyl. Jangan kaget saat garam ditempel pada area sariawan. Pastikan kamu melakukannya di kamar mandi atau westafel. Air liur akan menetes karena kamu harus menahan garam tanpa mampu untuk menenggak kembali liur yang keluar.

Setelah proses tempel dan kumur, sariawanmu pun tidak terasa nyeri meskipun hanya sementara. Ulangi proses tersebut setidaknya 2 kali sehari agar cepat sembuh.

Jeruk Nipis

Menggunakan jeruk nipis untuk mengobati sariawan jauh lebih menyiksa lagi jika dibandingkan dengan garam. Buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini tentunya menjadi musuh utama sariawan. Kamu bisa menikmati jeruk nipis untuk sariawanmu dengan memaannya atau membuatnya menjadi minuman hangat.

Jeruk Nipis, Obat Sariawan Alami Buat Kamu yang Tak Kenal Nyeri

Jeruk Nipis, Obat Sariawan Alami Buat Kamu yang Tak Kenal Nyeri

Jika kamu merasa tertantang dengan masamnya jeruk nipis dan nyeri sariawan, kamu pun bisa menempelkan jeruk nipis yang sudah diiris langsung pada area sariawan. Masih belum cukup ngilu? Coba gosok-gosokkan irisan jeruk tersebut.

Baking Soda

Bahan yang satu ini memang dikenal multifungsi, mulai dari untuk keramas, komedo, hingga menghilangkan noda baju. Ternyata baking soda juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan!

Baking Soda atau Soda Kue Punya Manfaat Segudang

Baking Soda atau Soda Kue Punya Manfaat Segudang. Sumber: bukalapak.com

Sama seperti garam dan jeruk nipis, kamu bisa langsung menempelkan baking soda langsung pada area sariawan. Tahan sampai kurang lebih satu menit atau sampai kamu tak bisa menahan nyerinya lagi. Kemudian kumur sampai bersih dengan air.

Yogurt

Jika kamu merasa tak kuat untuk menahan nyeri saat menggunakan bahan-bahan diatas dalam mencoba menyembuhkan sariawan, mungkin obat sariawan alami ini bisa menjadi pilihan tepat buatmu. Selain dapat memberi sensasi yang menyejukkan untuk sariawan, yogurt juga dapat mencegah bakteri penyebab sariwan untuk terus berkembang dalam mulut.

Contoh Produk Plain Yogurt yang Ada di Supermarket

Contoh Produk Plain Yogurt yang Ada di Supermarket. Sumber: twitter.com/cimory

Tak hanya baik untuk mengobati, yogurt juga bagus untuk mencegah sariawan. Kamu yang tak tahan dengan masamnya yogurt rasa bisa memilih yogurt plain atau yogurt tanpa rasa. Untuk mengobati sariawan, dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 200 gram tiap harinya.

Bagaimana? Semuanya mudah untuk didapat bukan? Dari keempat obat sariawan alami diatas, mana yang sepertinya akan kamu coba saat terkena sariawan?

Leave a Reply