Yogurt Bening: Yogurt Tak Berwarna atau Sekedar Minuman Berperisa?

Varian minuman kekinian mempermainkan warna. Air mineral yang lazimnya berwarna bening-transparan, berwarna hitam. Kopi yang seharusnya berwarna coklat pekat, kini sudah memiliki varian dengan warnanya yang bening. Tak ketinggalan pula teh dengan varian rasanya milk tea dan lemon tea, juga sekarang berwarna bening. Soal kopi dan milk tea bening, Daily Wuz sudah membahas keduanya. Kini Daily Wuz akan mencoba membahas yogurt bening, yang ternyata telah rilis lama jauh sebelum milk tea dan kopi bening populer.

Yogurt Bening?

Telah dibahas sebelumnya bahwa kopi bening yang muncul di London dan di Indonesia tidak diketahui cara pembuatannya. Sehingga, Daily Wuz tidak dapat menyimpulkan apakah keduanya memang benar-benar kopi yang berwarna bening atau sekedar air yang berperisa. Untuk milk tea sendiri, proses pembuatannya sudah dibeberkan oleh perusahaan. Sehingga dapat dipastikan milk tea bening milik Suntory memang merupakan teh asli yang berwarna bening, bukan air mineral dengan tambahan pemanis buatan.

Yogurina Dijual di Supermarket

Yogurina Dijual di Supermarket. Sumber: soranews24.com

Nah, tak seperti milk tea dan kopi, yogurt jelas minuman yang sangat berbeda. Cairannya lebih kental dan warnanya pun buram, sehingga bagaimana caranya yogurt bening itu benar-benar ada? Sayangnya, tak seperti milk tea bening, yogurt bening lebih tepat jika disebut sebagai air mineral dengan rasa yogurt. Eits, jangan kecewa dulu. Karena ternyata, yogurt bening air mineral rasa yogurt ini mempunyai kandungan susu whey! Whey sendiri merupakan cairan semi transparan yang diperoleh dari susu yang mengandung mineral dan asam amino. Jadi rasa minuman bening satu ini tidak mengandalkan perisa buatan.

Produk Populer

Sama seperti milk tea bening yang telah Daily Wuz bahas sebelumnya, air mineral rasa yogurt ini juga diproduksi oleh Suntory, perusahaan minuman asal Jepang. Diberi nama Minami Alps Tennesui & Zaitaku Yogurina, produk minuman unik ini pertama kali dirilis pada tanggal 14 April 2015 silam. 3 tahun lalu Yogurina hadir dalam rasa plain-yogurt. Dengan kata lain, rasanya sama seperti yogurt tanpa rasa, manis-asam. Saat pertama kali dirilis, Yogurina sangat populer di Jepang, sampai-sampai stok yang telah diproduksi habis total. 3 hari setelah rilis, distribusi Yogurina tidak dapat dilanjutkan karena jumlah produk yang tidak mencukupi. Baru tanggal 30 April, distribusi Yogurina kembali berlangsung.

Kemasan Yogurina Plain Yogurt

Kemasan Yogurina Plain Yogurt. Sumber: soranews24.com

Suntory telah sukses dengan Yogurina dengan rasa plain-yogurtnya. Bulan Maret mendatang, Suntory akan merilis varian Yogurina baru, yakni rasa blueberry yogurt. Dalam produk barunya ini, tentunya Suntory masih menggunakan susu whey untuk menciptakan rasa “creamy” yang seperti yogurt. Untuk rasa blueberrynya sendiri, Suntory menggunakan ekstrak buah blueberry yang diperoleh dari petani lokal.

Blueberry Yogurina akan masuk dalam supermarket Jepang pada tanggal 6 Maret mendatang. Untuk ukurannya sendiri, Suntory memilih menghadirkannya dalam dua pilihan yakni 266 ml dengan harga 115 yen (Rp13.800*) dan 560 ml seharga 131 yen (Rp15.720*).

Jadi, Yogurt Berwarna Bening atau Sekedar Air Berperisa?

Varian Yogurina Terbaru dengan Rasa Blueberry

Varian Yogurina Terbaru dengan Rasa Blueberry. Sumber: suntory.co.jp

Proses pembuatannya memang tidak dirilis ke publik. Namun, dari deskripsi produk yang tercantum dalam website resminya, bisa disimpulkan yogurt bening Yogurina memang bukan yogurt yang bewarna bening. Melainkan air mineral yang mempunyai kandungan susu whey sebagai pemberi rasa yogurt dalam tiap tegukan. Meskipun begitu, produk Suntory satu ini sampai kuwalahan untuk memenuhi permintaan konsumen saat baru rilis. Dengan kata lain, rasa yogurt dalam air mineral ini memang patut untuk dicoba.

*)harga dihitung menggunakan kurs 120 yen.

Leave a Reply