Uniknya Hidangan Khas Lebaran dari Timur-Tengah Ini!

Hidangan khas Lebaran di Indonesia seperti yang sudah kita ketahui bersama adalah berupa sajian ketupat dan opor ayam. Namun demikian, lain halnya dengan hidangan Lebaran yang biasa disajikan oleh negara-negara di kawasan Timur Tengah. Biar nggak penasaran, yuk intip beberapa makanan lezat yang biasa disajikan oleh mereka saat Lebaran tiba!

Fattah – Mesir

Source: www.alalali.com

Source: www.alalali.com

Hidangan khas Lebaran dari negara Mesir adalah Fattah, yaitu makanan yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan tomat kemudian ditambahkan dengan pasta yang bentuknya mirip bihun. Untuk melengkapi kelezatan Fattha maka ditambahkan pula daging ayam ataupun sapi. Terdengar lezat, bukan?

 

Sheer Kurma – Pakistan

Source: www.padhuskitchen.com

Source: www.padhuskitchen.com

Hidangan khas Lebaran berupa buah kurma yang dimasak dengan susu dan mi soun (vermicelli) menjadi sebuah pudding yang satu ini bernama Sheer Kurma. Kamu bisa dengan mudah menemukan hidangan ini di Pakistan terlebih saat hari Lebaran tiba. Hidangan yang satu ini lezat saat disajikan panas maupun dingin, sesuai selera kamu. Biasanya masyarakat Pakistan menghiasi seporsi Sheer Kurma dengan bubuk kapulaga sebelum disajikan.

 

Maamoul – Yordania

Source: www.pinterest.com

Source: www.pinterest.com

Di Yordania kue kering yang menjadi ikon perayaan hari Lebaran adalah maamoul. Maamoul terbuat dari campuran terigu dan tepung semolina, sejenis padi-padian. Tepung semolina itu sendiri umumnya berwarna kuning cerah atau putih kekuningan dan biasanya digunakan dalam pembuatan pasta, sereal, puding, pizza dan roti. Isi maamoul terdiri dari campuran walnut, gula kayu manis, minyak sayur, dan orange blossom water, yaitu hasil sulingan bunga pada pohon jeruk.

 

Baklava – Turki

Source: www.fistikzade.com.tr

Source: www.fistikzade.com.tr

Hidangan yang satu ini selalu ada di setiap perayaan Idul Fitri di Turki. Baklava merupakan pastry dengan lapisan roti kering tebal yang dibuat dengan campuran madu dan sirup jagung yang banyak. Biasanya Baklava berisi potongan kacang-kacangan yang terdiri dari campuran kacang tanah, pistachio, dan kenari.

 

Chichken Bastilla – Maroko

Source: www.pinterest.com

Source: www.pinterest.com

Sepintas chichken bastilla mirip lauk yang disantap untuk makanan berat, namun sebenarnya menu yang satu ini adalah kue berbahan dasar ayam yang dibumbui kunyit, kayu manis, lada dan jahe. Cara pembuatannya hampir sama dengan pembuatan pie.

Comments

comments

Ihyak Yayak
[email protected]