Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara

Perayaan hari raya Idul Adha tidak hanya dilakukan oleh umat muslim di Indonesia, tetapi juga seluruh dunia. Pada umumnya, usai melaksanakan sholat Ied, seluruh umat Islam akan melakukan pemotongan hewan kurban yang nantinya daging kurban tersebut akan diberikan kepada kaum yang membutuhkan. Nah, seperti apa perayaan Idul Adha yang dilakukan umat Islam dari berbagai penjuru dunia?

Maroko

Di Maroko, perayaan Idul Adha dilakukan selama tiga hari berturut-turut. Umat muslim yang tinggal di sana akan memenuhi masjid untuk beribadah sholat Ied dan melakukan penyembelihan hewan kurban. Umumnya, hewan kurban yang ada bukanlah kambing atau sapi, tetapi domba.

 

Tiongkok

Meskipun bukan negara Islam, namun masih ada beberapa umat Islam yang tinggal dan menetap di Tiongkok. Disana sholat Ied Adha hanya dilakukan oleh laki-laki, sementara perempuan dilarang untuk melakukan ibadah tersebut di masjid. Namun demikian, kemeriahan Idul Adha akan berlangsung selama 4 hari penuh di sana.

 

Rusia

Sebagai agama minoritas di negeri komunis, Rusia, umat islam di sana tetap bisa merayakan Idul Adha meski tidak semeriah yang ada di Indonesia. Hal itu dikarenakan pemerintah setempat hanya mengizinkan penyembelihan hewan untuk dilakukan di pekarangan rumah atau masjid yang ada dengan alasan untuk menjaga kenyamanan penduduk lainnya.

 

Amerika Serikat

Perayaan Idul Adha dilakukan oleh muslim Amerika Serikat sejak pagi hari. Bagi muslim yang tinggal disana, mereka mendapatkan hari libur sebanyak satu hingga tiga hari dari pemerintah setempat. Sayangnya, penyembelihan harus dilakukan seminim mungkin mengingat perbedaan budaya dan latar belakang agama yang cukup mencolok di sana.

 

Bagaimana dengan perayaan Idul Adha di tempat tinggalmu? Tentu akan lebih meriah mengingat Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk mulism terbesar.

Comments

comments

Dyah Rinjani
inastwinda28@gmail.com