Tempat Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dikunjungi untuk Kamu yang Ingin Menyantap Makanan Tradisional

Kota Jogja selalu identik dengan kota yang menjunjung adat tradisional. Mulai dari arsitektur bersejarah hingga kuliner yang sangat khas, Kota Jogja mempunyai daya tarik tersendiri bagi turis lokal maupun mancanegara. Sama seperti tiap kota yang menjadi tujuan populer di Indonesia, Jogja pun mempunyai keunggulan tersendiri dalam hal wisata kuliner. Berbagai hidangan tradisional dan modern, Kota Jogja menyediakan pilihan yang tak terbatas untuk memuaskan lidah dan perutmu. Jika kamu pecinta kuliner tradisional, lokasi wisata kuliner Jogja yang “mblusuk” ini pasti akan menarik perhatianmu. Meskipun “mblusuk”, hidangan kuliner yang mantap tak akan membuatmu kecewa! Tapi tenang, nggak semua mblusuk. With the power of Google, pasti gampang ketemu kok.

Mangut Lele Mbah Marto

Warung yang menyediakan menu mangut dari ikan Lele ini berlokasi di Dusun Sewon, Bantul. Karena lokasinya yang memang mblusuk, kamu harus rela berpetualang melewati gang-gang sempit Dusun Sewon. Jika tersesat, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar.  Buka mulai pukul 11 siang dan tutup pada pukul setengah 5 sore, Mangut Lele Mbah Marto cocok banget dijadikan tempat makan siang.

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto. Sumber: fb.com/planetndeso

Model penyajian di warung ini self-serve alias prasmanan, ngambil nasi sepuasnya dan memilih lauk langsung dari dapur. Dengan merogok kocek sekitar Rp22.000, kamu bisa bisa menikmati pilihan hidangan warung ini. Mangut, bacem tempe, gudeg, garang asem, hingga lele asap.

Bakmi Mbah Gito

Beda dengan lele Mbah Marto yang warungnya tradisional banget, warung bakmi jawa satu ini mengadaptasi interior apik dengan feel tradisional. Meja, kursi, mayoritas interior warung terbuat dari kayu. Bahkan terdapat pula yang masih dalam bentuk kayu mentah. Lebih asyik lagi, kamu bisa menikmati makanan sambil menonton pertunjukan wayang kulit setiap malam minggu.

Bakmi Mbah Gito

Bakmi Mbah Gito. Sumber: fb.com/planetndeso

Hanya dengan Rp20.000 hingga Rp30.000, kamu sudah bisa menikmati menu khas bakmi. Ada bakmi godhog (bakmi rebus), bakmi goreng, hingga nasi goreng. Minuman unggulan yang terkenal dari sini adalah teh poci gula batu. Teh beraroma khas dan manisnya gula batu yang khas cocok banget menikmati santapan makanmu.

Buka pukul 11 siang hingga 11 malam, kamu bisa memilih Bakmi Mbah Gito untuk makan siang atau makan malam. Akan tetapi, jika kamu tak begitu suka keramaian lebih baik datang sekitar sore hari. Karena semakin malam, warung akan semakin ramai. Bakmi Mbah Gito berlokasi di Jalan Nyi Ageng Nis No.9 Rejowinangun, Kotagede, Jogja.

Angkringan Pendopo Ndalem

Wisata kuliner Jogja tanpa angkringan? Rasanya belum komplit! Banyak memang angkringan di Jogja, tapi jika kamu mencari yang berbeda, mungkin bisa memilih untuk berkunjung ke Angkringan Pendopo Ndalem, atau yang juga dikenal sebagai Angkringan JAC. Angkringan pada umumnya identik sebagai jajanan kaki lima. Meskipun angkringan satu ini juga menawarkan jajanan kaki lima tapi suasana yang ditawarkan berbeda. Kamu disuguhi tempat nongkrong yang kental banget etnik tradisional Jogjanya.

Angkringan Pendopo Ndalem

Angkringan Pendopo Ndalem. Sumber: fb.com/planetndeso

Nasi kucing, sate, gorengan, hidangan khas angkringan menjadi suguhan utama. Akan tetapi angkringan ini juga menyediakan pilihan jajan pasar. Kue kucur, klepon, bikang, onde-onde, siap menjadi penutup hidanganmu. Buka setiap hari dari jam 6 hingga jam 3 pagi, kamu bisa ngalong sambil nyemil di angkringan dengan suasana keraton ini.

Gudeng Permata Bu Pudjo

Berlokasi di dekat Bioskop Permata, gudeng satu ini akhirnya dikenal dengan nama Gudeng Permata. Gudeg legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1951 lho. Menyediakan gudeg kering yang rasanya tidak terlalu manis membuat Gudeng Permata digemari banyak turis yang datang dari luar Jogja.

Gudeg Permata Bu Pudjo

Gudeg Permata Bu Pudjo. Sumber: fb.com/planetndeso

Buka dari jam 9 malam hingga 2 pagi, Gudeg Permata menyediakan berbagai macam lauk pelengkap hidangan gudeg. Ayam suwir, baceman tahu tempe, telur, dan sebagainya. Seporsinya dapat kamu bayar dengan harga Rp10.000 hingga Rp30.000, sesuai dengan pilihan lauk yang kamu pilih. Salah satu wisata kuliner Jogja ini berlokasi di Jalan Gajah Mada RT.36 RW.07 Gunungketur, Purwokinanti, Pakualaman, Jogja.

Mana nih menu makanan diatas yang bikin kamu ngiler?

Leave a Reply