Tempat-Tempat Wisata Ini Melarang Pengunjungnya Membawa Tongsis, Lho!

Tongsis alias tongkat narsis  memang sangat populer dikalangan masyarakat saat ini. Mulai anak-anak hingga orang dewasa biasa mengabadikan momen terbaiknya baik untuk selfie maupun beramai-ramai ketika berada dimanapun terutama ditempat wisata. Namun, beberapa tempat ini justru melarang pengunjungnya membawa tongsis saat pergi berkunjung. Lantas, dimana saja kita dilarang untuk membawa tongsis?

Disneyland

Hasil gambar untuk disneyland

Dianggap membahayakan dan menggangu kenyamanan pengunjung, pihak otoritas Disney melarang pengunjung membawa tongsis ke area Disney Disneyland ataupun Walt Disney World mulai tanggal 30 Juni 2015. Larangan ini pertama kali diterapkan di Disneyland Amerika Serikat. Aturan ini juga diberlakukan pada Juli 2015 untuk Disneyland yang ada di seluruh dunia. Larangan membawa tongsis bertujuan agar pihak Disney dapat menjalankan empat pilar kerja mereka dengan baik yaitu, keamanan, kesantunan, pertunjukkan dan efisiensi.

 

The Smithsonian Museums

Hasil gambar untuk The Smithsonian Museums

The Smithsonian museums yang berada di Washington, Amerika Serikat juga melarang pengunjung membawa tongsis. Tak hanya itu, pengunjung yang masuk ke museum juga dilarang membawa alat bantu fotografi lain seperti tripod maupun monopod, dengan alasan untuk melindungi kenyamanan pengunjung lain dan memperkecil kemungkinan terjadinya kerusakan pada benda bersejarah yang ada di sana.

 

Colosseum

Hasil gambar untuk colosseumJauh sebelum Disneyland, pemerintah Italia dengan tegas melarang penggunaan tongsis di Colosseum, Roma, Italia. Hal ini bermula saat Colosseum menerima rombongan tur dari Amerika, terdapat dua gadis dari rombongan tersebut yang memisahkan diri. Ternyata mereka mengukir inisial nama mereka pada dinding Colosseum dan mengabadikannya dengan berfoto selfie. Aksi perusakan ini diketahui pihak keamanan, sehingga mereka dituntut atas kasus perusakan bangunan bersejarah hingga harus berhadapan dengan hakim di pengadilan. Sejak saat itulah tongsis dianggap sebagai benda berbahaya jika dibawa oleh pengunjung.

Museum Albertina

Hasil gambar untuk museum albertinaMuseum Albertina di Austria juga termasuk tempat wisata yang melarang pengunjungnya membawa tongsis. Selain itu, untuk berfoto saja pengunjung harus medapatkan ijin terlebih dahulu dari pihak keamanan setempat. Pemeriksaan ketat bahkan telah dilakukan sebelum masuk ke dalam museum untuk menjaga kenyamanan pengunjung lain dan menjaga benda-benda bersejarah di dalam museum.

 

Galeri Nasional London

Hasil gambar untuk galeri nasional london

Galeri yang mengoleksi lukisan-lukisan yang tak ternilai harganya ini juga menerapkan larangan untuk membawa tongsis, tripod, dan piranti berkaki tiga lainnya untuk memotret. Pihak pengelola meyakini jika tongsi bis melukai pengunjung lain dan merusak lukisan-lukisan yang dipajang di sana. Jika ingin berfoto, kamu bisa meminta tolong petugas di sana untuk membantumu dalam mengambil foto.

 

Mulai sekarang cobalah untuk memahami peraturan yang ada di setiap tempat wisata, ya! Jangan melakukan pelanggaran jika tidak ingin menerima hukuman dari pihak pengelola. Let’s be smart traveller!

Comments

comments

Dyah Rinjani
inastwinda28@gmail.com