Tak Hanya Kopi, Milk Tea Bening Juga Ada!

Jika Daily Wuz akhir bulan lalu telah membahas kopi bening, kali ini Daily Wuz akan membahas milk tea bening. Yep, tak hanya kopi aja yang bisa bening, ternyata milk tea juga bisa jadi transparan! Sama dengan kopi, minuman milk tea selalu identik dengan warna coklat, meski coklatnya memang tidak sepekat coklat kopi. Teh yang asalnya berwarna coklat matang kemudian dicampur susu akan berubah menjadi coklat-beige. Tapi, ternyata dengan teknik pembuatan yang menerapkan sains sederhana, warna milk tea bisa diubah jadi bening!

Milk Tea Bening dari Brand Jepang Suntory

Milk tea bening pertama kali viral berkat brand teh dari Jepang, Suntory, yang mengeluarkan produknya tepat saat hari teh hitam. Produknya diberi nama Premium Morning Tea yang disediakan dengan dua pilihan rasa, yaitu milk tea dan lemon tea.

Peluncuran produk teh bening ini pun disambut dengan baik oleh warga Jepang. Pasalnya, seperti yang dilansir oleh SoraNews24, terdapat stigma bahwa minum soda atau minuman dengan varian rasa seperti milk tea dianggap sebagai “tidak dewasa” jika dibandingkan dengan minum air mineral biasa. Pihak Suntory sendiri menyampaikan ide dibalik produk teh bening ini adalah untuk mengatasi problema tersebut. Dengan warna minuman yang menyerupai air mineral, kesan profesional dan “dewasa” pun dapat dijaga. Bahkan, produk minuman berperisa dari brand lain sengaja menggunakan kemasan botol yang mempunyai desain yang sama dengan air mineral.

Premiun Morning Tea Varian Milk Tea Terlihat di Rak Supermarket

Premiun Morning Tea Varian Milk Tea Terlihat di Rak Supermarket. Sumber: mothership.sg

Memang sih, di lingkungan kerja, seperti saat meeting kantor, sajian air mineral akan membawa kesan yang positif yakni profesionalisme. Tapi, sepertinya juga tak baik menilai orang “tidak dewasa” karena gemar minum minuman manis. Jika memang seperti itu adanya, tak heran milk tea bening dan minuman berperisa bening lainnya disambut baik oleh masyarakat Jepang.

Mengaplikasikan Sains Sederhana untuk Menjaga Cita Rasa

Tidak seperti kopi bening yang enggan membocorkan rahasia produksi, Suntory merilis video sederhana yang menjelaskan proses dibalik pembuatan milk tea bening. Hal ini dilakukan demi membuktikan bahwa produknya memang benar-benar teh yang berwarna bening. Bukannya air mineral yang ditambah perisa buatan. Dan ternyata, proses tersebut hanya mengaplikasikan sains sederhana!

Daun teh direbus tanpa direndam menggunakan air. Dengan begitu, air pun akan memiliki rasa teh meskipun rasanya tak sekuat jika daun teh direbus seperti biasa. Untuk susunya sendiri, Suntory hanya menggunakan lactose dan mineral susu yang berwarna bening. Menyisihkan lemak susu dan protein susu yang memang berwarna keruh. Dengan begitu, rasa susu masih bisa didapat dan warna beningnya masih bisa terjaga. Akan tetapi, karena lemak dan proten yang disisihkan, tentunya akan membuat rasanya tidak begitu kuat seperti susu biasa.

Dorippu, vlogger Indonesia telah membuat review produk Premium Morning Tea varian milk tea dari brand Suntory. Ia menjelaskan bahwa aroma milk teanya masih sangat kuat, namun rasanya tak sekuat milk tea biasa yang berwarna coklat.

Harga dan Ketersediaannya di Indonesia

Menurutmu, apakah milk tea bening nantinya juga menjadi salah satu produk brand minuman Indonesia karena adanya tren ini? Pasalnya, produk Premium Morning Tea milik Suntory ini sudah banyak dijumpai di berbagai marketplace Indonesia seperti Shopee dan Tokopedia. Rata-rata, harga yang dipatok oleh pelapak marketplace sebesar Rp50.000 untuk teh bening dengan ukuran 550ml itu. Harga aslinya sendiri hanyalah 131 yen, atau jika dirupiahkan hanya sebesar Rp16.000 saja. Jika brand teh Indonesia turut memproduksi minuman hits nan aesthetic ini tentunya kita bisa mencobanya dengan harga yang lebih murah.

Minuman Berperisa Indonesia, AQUA Splash of Fruit

Minuman Berperisa Indonesia, AQUA Splash of Fruit. Sumber: aswinma.school.blog

Menengok balik, brand air mineral Indonesia AQUA juga dulunya pernah mengeluarkan minuman berperisa bening, dengan rasa jeruk dan stroberi. Banyak pula minuman bening berperisa yang dihadirkan oleh brand minuman Indonesia lain. Sayangnya, sepertinya semua minuman bening berperisa tersebut masih mengandalkan perisa buatan, bukannya menggunakan teknik sederhana seperti yang diterapkan oleh Suntory. Benar-benar milk tea, tapi bening!

Leave a Reply