Tak Hanya Gudeg, 7 Kuliner Jogja Berikut Ini Wajib Kamu Cicipi!

Kuliner Jogja ternyata tidak hanya sebatas gudeg dan bakmi aja, lho! Ada beragam kuliner lainnya yang bisa kamu coba cicipi saat berkunjung ke sana. Nah, buat para pecinta kuliner nusantara, inilah 7 kuliner Jogja yang layak untuk dicoba. Catat dan jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Ayam Geprek Bu Rum

Source:  www.resepdanmasakan.com

Source: www.resepdanmasakan.com

Ayam geprek Bu Rum berlokasi di Jalan Wulung Lor, Papringan Depok. Kuliner yang satu ini sangat populer di Jogja, terutama bagi para pelajar dan mahasiswa. Pasalnya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 7.000,- untuk satu porsi ayam geprek. Meskipun murah, kelezatan ayam pedas buatan Bu Rum ini nggak murahan dan yang pasti bikin ketagihan.

 

Soto Sulung Stasiun Tugu

Source: www.resepaneka.info

Source: www.resepaneka.info

Rekomendasi kuliner Jogja selanjutnya jatuh pada Soto Sulung Stasiun Tugu. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1968 silam, loh! Konsistensi bumbu yang dipakai membuat cita rasa soto di sini tidak berubah, tetap lezat bahkan sampai saat ini. Di dalam semangkok soto sulung terdapat jeroan sapi dan daging sapi dengan telur rebus yang dipadukan dengan kuah kental yang sangat gurih. Jangan lupa tambahkan sambal dan juga jeruk nipis biar makin sedap.

 

Brongkos Bu Padmo

Source: www.slemanonline.com

Source: www.slemanonline.com

Brongkos adalah nama masakan yang dibuat dengan menggunakan tempe, tahu, dan kacang tolo kemudian dicampur dengan kaldu sapi dan santan kental. Makanan ini memanfaatkan warna hitam dari kluwak sehingga kuahnya pun berwarna gelap. Brongkos Bu Padmo adalah tempat makan favorit Sri Sultan Hamengkubuwono X. Jadi, buat kamu yang tertarik untuk mencoba makanan ini datang aja ke bawah Jembatan Krasak di kawasan Sleman, Yogyakarta.

 

Oseng Mercon Bu Narti

Source: www.youthyakarta.com

Source: www.youthyakarta.com

Dinamakan oseng mercon karena masakan yang dijual berupa gajih, tulang muda, kulit dan kikil ini bercampur dengan cabe rawit yang terkenal sangat pedas. Kuliner Jogja yang satu ini sangat populer dan banyak didatangi oleh para pemburu wisata kuliner yang tertantang untuk menikmati sensasi pedas yang ditawarkan. Di sana ada juga beberapa menu makanan lainnya seperti babat, rempelo, bebek, burung dara, dan lele goreng.

 

Mie Telap 12

Source: www.diskon.com

Source: www.diskon.com

Makan Indomie memang terdengar biasa aja, tapi bagaimana jika menu yang disajikan sama persis seperti yang ada pada kemasannya? Nah, tempat makan di Jogja yang satu ini tergolong unik dan sangat kreatif. Jika kamu memesan Indomie rasa soto, maka kamu akan mendapatkan semangkok Indomie kuah yang sama persis seperti yang ada di gambar bungkusnya. Tentunya tempat ini menarik untuk kamu jadikan destinasi kuliner selanjutnya.

 

Jenang Gempol Bu Gesti

Source: www.wajibbaca.com

Source: www.wajibbaca.com

Buat kamu yang tertarik mencicipi jajanan khas Jogja, datang aja ke Pasar Lempuyangan. Di sana kamu akan menemukan Jenang Gempol Bu Gesti. Kamu bisa memilih 3 pilihan jenang seperti jenang sumsum, jenang gempol, dan jenang mutiara. Semuanya jajanan tradisional itu terasa kenyal dan manis. Pastikan kamu datang sebelum kehabisan, ya!

 

Kipo Bu Djito

Source: www.ensiklo.com

Source: www.ensiklo.com

Selain jenang gempol, satu lagi nih jajanan khas Jogja yang sayang untuk dilewatkan, namanya kipo. Jajanan ini dibuat dari ketan, santan, garam, dan gula yang kemudian diberi warna hijau dengan menggunakan daun pandan dan daun suji. Konon, kipo adalah makanan kesukaan para bangsawan kraton Mataram. Yang paling terkenal adalah Kipo Bu Djito ini.

 

Tertarik mencicipi salah satu kuliner khas Jogja tadi?

Comments

comments

Ordnella
giovaniat@hotmail.com