Ragam Hidangan Nasi yang Hanya Ada di Indonesia

Nasi adalah makanan pokok dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena dapat mengenyangkan dalam waktu lama. Oleh karena itu, tak heran jika di berbagai belahan nusantara kamu akan menemukan ragam hidangan nasi dengan cita rasa khas masing-masing daerah. Penasaran seperti apa? Cari tahu di sini!

Nasi Uduk

Source: www.kulinersehat.com

Source: www.kulinersehat.com

Nasi uduk merupakan salah satu ragam hidangan nasi yang terbuat dari bahan dasar nasi putih yang proses pembuatannya dilakukan dengan cara dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut. Cita rasa yang gurih ini sangat digemari oleh masyarakat, makanya kamu akan dengan mudah menemukan penjual nasi uduk di sepanjang jalan utamanya saat pagi hari. Pada umumnya, nasi uduk disajikan bersama dengan  emping goreng, tahu goreng, telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun serta sambal.

Nasi Liwet

Source: www.dapurresep.com

Source: www.dapurresep.com

Nasi liwet adalah nasi gurih khas kota Solo yang juga dimasak dengan kelapa, mirip dengan nasi uduk. Biasanya nasi liwet disajikan dengan sayur labu siam, daging ayam suwir dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa). Saat berkunjung ke kota asalnya, kamu dapat dengan mudah menemukan sentra penjual nasi liwet di di Desa Duwet dan Menuran Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo.

Nasi Timbel

Source: www.fatmawati.com

Source: www.fatmawati.com

Ragam hidangan nasi yang satu ini terbuat dari jenis beras Bagolo atau beras merah campuran, yang kemudian dicampur dengan bumbu rempah-rempah dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang saat dimasak. Nasi timbel sangatlah populer di kalangan masyarakat Sunda. Menariknya, ada sensasi tersendiri yang bisa kamu dapatkan ketika akan menikmati nasi timbel, yaitu pada saat membuka bungkus daun pisang yang kemudian mengeluarkan uap panas dari celah-celah nasi. Wah terbayang sudah kelezatannya!

Nasi Jamblang

Source: www.pergidulu.com

Source: www.pergidulu.com

Buat kamu yang berkunjung ke Cirebon jangan sampai melewatkan salah satu hidangan nasi yang sangat lezat, namanya nasi jamblang. Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanan pun bersifat prasmanan dengan menu yang tersedia biasanya antara lain sambal goreng, tahu sayur, paru-paru, semur hati atau daging, perkedel, telur dadar, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe.

Nasi Lengko

Source: www.rangitajasa.blogspot.com

Source: www.rangitajasa.blogspot.com

Masih di wilayah pesisir utara pulau Jawa, terdapat hidangan nasi lengko yang khas patut kamu coba. Pasalnya, hidangan yang satu ini sarat akan protein dan serat serta rendah kalori sebab bahan-bahan yang digunakan adalah 100% non-hewani. Umumnya kecap manis yang dipergunakan adalah kecap manis encer, bukan yang kental yang kemudian disiramkan di atas sajian nasi lengko.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba semua ragam hidangan nasi yang hanya ada di Indonesia tadi? Hidangan mana yang akan menjadi favoritmu?

Comments

comments

Ihyak Yayak
yayak.picodio@gmail.com