Percaya atau Tidak, Iklan Di Televisi Ini Hanya Muncul di Bulan Puasa.

Masyarakat Indonesia yang sebagian besar menganut agama Islam tentu memahami bahwa sebentar lagi bulan Puasa akan tiba, namun bagi yang beragama lain pun tak sulit untuk mengetahui hal tersebut. Pasalnya, menjelang bulan puasa muncul iklan yang bertemakan Ramadhan atau bahkan sifatnya musiman, alias hanya ada ketika bulan puasa tiba. Percaya atau tidak, iklan dari produk-­produk inilah yang akan sering muncul di televisimu selama bulan puasa.

Iklan Sirup

Nah, kalau produk yang satu ini tentu kamu sudah hafal. Bahkan beberapa minggu sebelum bulan puasa tiba, iklan sirup dengan tema Ramadhan sudah mondar-mandir menghiasi layar televisimu. Iklan sirup biasa disertai dengan adegan ketika sang bintang iklan menikmati segelas sirup berwarna merah atau hijau dengan beberapa kotak es batu, tentu hal ini akan menggugah dahaga jika disaksikan ketika kamu sedang berpuasa. Sebuah strategi pemasaran yang jitu bukan?

Jika diperhatikan lagi dengan lebih seksama, iklan sirup selama bulan puasa sering muncul di siang hari hingga menjelang waktu berbuka. Intensitasnya berkurang di malam hari, sebab sang pengusaha memang ingin menarik minat beli kamu yang sedang berpuasa di siang hari.

 

Iklan Sarung

Jika pada hari-hari biasa, jarang sekali perusahaan sarung melakukan iklan melalui televisi. Namun, coba kalian perhatikan ketika bulan puasa tiba. Jumlah iklan sarung yang muncul di televisi semakin banyak. Beragam merk sarung pun bermunculan dan tentunya saling bersaing untuk mendapatkan pembeli.

Di bulan puasa sarung, kebutuhan akan sarung sangat meningkat karena merupakan salah satu perlengkapan ibadah yang dibutuhkan oleh kaum laki-laki mulai dewasa hingga anak-anak. Tak hanya itu, produk sarung juga sering ditampilkan dalam bentuk hantaran atau bingkisan yang dapat diberikan pada karyawan suatu perusahaan sebagai bingkisan pelengkap THR.

 

Iklan Biskuit Kaleng

Biskuit kaleng sering dimanfaatkan sebagai salah satu isian di dalam bingkisan lebaran. Tak heran jika selama bulan puasa kamu akan sering menyaksikan iklan biskuit kaleng ini muncul di televisi. Beragam varian ukuran serta rasa, para pengusaha biskuit berbondong-bondong untuk menarik minat beli para konsumen. Padahal produk-produk biskuit kaleng ini iklannya jarang muncul di luar bulan puasa, setuju?

 

Iklan Permen Kaleng

Melihat iklan permen kaleng dari salah satu merk terkenal di Indonesia di layar televisimu tentu menjadi penanda bahwa bulan puasa akan segera tiba. Percaya atau tidak, iklan produk permen dalam kemasan kaleng ini tidak muncul di hari biasa. Padahal produk permen lainnya tetap muncul di luar bulan puasa. Belum diketahui alasan pastinya, tetapi yang jelas permen kaleng ini juga kamu temukan di dalam setiap bingkisan lebaran.

 

Bulan puasa akan terasa berbeda dengan kehadiran iklan-iklan produk tersebut. Menurut kalian, apakah ada iklan lain yang juga hanya muncul di bulan puasa?

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.