Pantai Bidadari Banyuwangi, Destinasi Wisata Khusus Perempuan Pertama di Indonesia

Melihat banyaknya wisatawan lokal dan mancanegara yang sudah datang ke Banyuwangi, maka tak heran jika pemerintah setempat terus mengupayakan diangkatnya destinasi-destinasi baru yang tentu tidak kalah menarik. Setelah sukses dengan Pantai G-land yang jadi tempat perselancar dunia menantang ombak, kali ini Banyuwangi muncul dengan destinasi pantai yang hanya dikhususkan bagi kaum hawa saja. Penasaran? Simak informasi lengkapnya di sini!

Lokasi Pantai Bidadari Banyuwangi

Source: www.jpswisata.com

Source: www.jpswisata.com

Berada di sebelah timur pusat kota Banyuwangi, tepatnya di Kelurahan Karangrejo. Lokasi pantai pun terbilang cukup strategis karena tidak jauh dari pusat kota, sehingga pengunjung tak perlu khawatir akan lamanya waktu tempuh perjalanan.

Kawasan Pantai Bidadari ini masih sejajar dengan Pantai Boom yang sudah lebih dulu populer di kalangan wisatawan. Akses jalan menuju lokasi pantai terbilang sudah cukup memadai, karena telah dihubungkan dengan jembatan beton dengan ukuran panjang sekitar 200 meter dan dikelilingi oleh tanaman bakau.

Perombakan Kawasan Kumuh Pulau Santen

Source: www.banyuwangibagus.com

Source: www.banyuwangibagus.com

Pantai Bidadari Banyuwangi ini berada di kawasan Pulau Santen yang semula merupakan kawasan kumuh menjadi lebih ramah lingkungan dan sehat. Pembangunan di kawasan ini juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pariwisata di Banyuwangi. Apabila pembangunan Pantai Bidadari berjalan baik, tentu akan banyak sekali pihak yang diuntungkan termasuk warga sekitar yang memiliki peluang untuk meningkatkan perekonomiannya.

Sesuai dengan nama yang diusung, Pantai Bidadari Banyuwangi seluas tujuh hektar dan panjang satu kilometer tersebut rencananya akan dikembangkan menjadi klub pantai khusus untuk perempuan dan anak-anak saja.

Terinspirasi dari Uni Emirat Arab dan Turki

Source: www.hurriyetdailynews.com

Source: www.hurriyetdailynews.com

Ide pemerintah Banyuwangi ini terinspirasi dari beberapa pantai khusus perempuan yang sudah ada di dunia. Beberapa negara yang memiliki pantai khusus perempuan adalah Uni Emirat Arab dan Turki. Di Uni Emirat Arab, pantai khusus perempuan bernama Al Bateen. Pantai ini mampu menampung 1.100 wanita dan anak-anak di dalam perairannya, dan 5.000 pengunjung untuk berjemur di tepi pantai.

Sedangkan, Turki memiliki pantai khusus wanita bernama Sarisu Beach. Pantai yang terletak di tepi laut Mediterrania ini selalu dikunjungi ratusan pengunjung setiap harinya.

Terdapat 2 Kawasan Club Beach for Women

Source: www.twitter.com

Source: www.twitter.com

Meskipun baru diperkirakan rampung pada bulan April 2017 mendatang, pihak pengelola Pantai Bidadari Banyuwangi sudah mengumumkan bahwa akan dibangun 2 kawasan Club Beach for Women di lokasi tersebut, yaitu untuk wisatawan umum dengan tiket gratis dan yang satunya khusus bagi pengunjung kelas menengah ke atas yang memiliki tiket masuk.

Kamu yang berkunjung ke destinasi wisata pantai ini akan dimanjakan dengan beragam fasilitas yang ada. Mulai dari pondokan kayu untuk beristirahat, permainan bagi anak-anak, kolam renang, dan lainnya secara bertahap.

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.