Mi Instan: Penemuan Terbaik Sepanjang Abad 20

Mi instan, makanan yang selalu ada saat dibutuhkan, enak nan murah, tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Mi instan, dengan berbagai rasa, dapat diolah sedemikian rupa, memanjakan lidah dan juga kantong. Kualitas mi instan itulah yang membuat makanan ini dinobatkan sebagai penemuan terbaik sepanjang abad 20. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut? Setuju tak setuju, nyatanya, mi instan menjadi pilihan dalam survei penemuan terbaik Jepang di sepanjang abad 20. Tak heran, meskipun banyak kontroversi tak sehat untuk dikonsumsi, mi instan telah berperan penting dalam mencegah kelaparan. Kita patut berterima kasih kepada Momofuku Ando, pencipta mi instan.

Asal Mula

Mi instan sendiri diciptakan pada tahun 1958, 10 tahun setelah kekalahan Jepang di Perang Dunia II. Momofuku Ando tertegun melihat masyarakat kesulitan untuk mendapatkan bahan makanan yang serba mahal. Ramen, yang menjadi makanan favorit masyarakat disana susah dicari. Menteri menyarankan warganya untuk makan roti. Selain gandum yang diimpor dari Amerika Serikat, roti pun tak sesuai dengan lidah masyarakat.

Momofuku Ando Pencipta Mi Instan

Momofuku Ando Pencipta Mi Instan. Sumber: heavy.com

Ando pun menciptakan mi instan, menjual mi instan pertama yang diberi nama Chicken Ramen. Produk mi instan menjadi sensasi populer, yang dikenal juga dengan sebutan magic ramen atau ramen ajaib kala itu. Tak sebatas di Jepang saja, mi instan merambah ke pasar internasional, menumbuhkan persaingan ketat antar perusahaan. Kegemaran masyarakat mancanegara pun mendorong pemain dalam industri mi instan untuk membentuk asosiasi mi instan dunia, World Instant Noodles Association (WIMA) dengan tujuan untuk menjaga kualitas mi instan yang diluncurkan kepada masyarakat. Asosiasi ini juga ikut andil dalam menyumbang mi instan sebagai makanan darurat berbagai bencana alam di dunia, yang salah satunya adalah Tsunami di Aceh, Indonesia dan badai Hurricane Irma di Florida, Amerika Serikat.

Mi Instan di Indonesia

Untuk Indonesia sendiri, jika berbicara tentang mi instan, pasti yang kamu ingat adalah Indomie, produk mi instan milik PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Indomie merupakan mi instan yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia, jadi tak heran jika Indofood menguasai pangsa pasar mi instan negeri kita sebanyak 72%! Sebagai konsumen mi instan sendiri, menurut kamu manakah mi instan paling enak? Apakah Indomie menjadi pilihan kamu?

Penemuan terbaik sepanjang abad 20  ini dikenalkan pertama kali pada tahun 1969 tidak begitu berjalan mulus, tidak seperti sekarang dimana semua lapisan masyarakat akrab dengan makanan merakyat satu ini. Banyak yang meragukan bahwa mi instan dapat dijadikan salah satu bahan makanan pokok. Namun, kualitas mi instan dari segi rasa, harga, kemudahan penyajian, dan keawetan membuatnya diterima di Indonesia.

Produk pertama Indomie adalah mi kuah kaldu ayam, yang kemudian disusul dengan rasa kari ayam pada tahun 1982 dan mi goreng pada tahun 1983. Seperti yang telah kamu ketahui, sampai sekarang Indomie terus berinovasi untuk menghadirkan rasa dengan menyesuaikan lidah masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Tak sampai disitu, Indomie pun turut terkenal di mancanegara, dan bahkan disebut sebagai mi instan terenak di dunia.

Salah Satu Menu Depot MIe Abang Adek

Salah Satu Menu Depot Mie Abang Adek. Sumber: mitosdiet.com

Dengan adanya Indomie, Indonesia pun menduduki peringkat kedua sebagai negara konsumen mi instan terbesar di dunia setelah China. Meskipun dituding sebagai makanan tidak sehat, mi instan masih jaya di Indonesia. Sebagai makanan mahasiswa di akhir bulan, camilan di tengah malam, makanan darurat korban bencana, hingga lauk pendamping nasi. Kegemaran kita dengan mi instan pun memunculkan banyak jenis peluang usaha kuliner yang hits dikalangan anak muda. Sebagai contohnya saja Depot Mi Abang Adek yang telah sukses memiliki beberapa cabang di berbagai kota yang diantaranya Jakarta, Depok, Tangerang, hingga Surabaya.

Bagaimana denganmu? Apakah penemuan terbaik sepanjang abad 20 ini hanya sebatas penolong di akhir bulan atau malah salah satu makanan favoritmu?

Leave a Reply