Meskipun Berwujud Sama, Jajanan Ini Punya Nama Berbeda

Jika kamu penikmat kuliner Indonesia, tentu tak akan ada habisnya untuk mencoba beragam jajanan yang ada dari Sabang hingga Merauke. Akan tetapi, disadari atau tidak, mesikipun berwujud sama beberapa jajanan tersebut memiliki nama yang berbeda di setiap daerah. Kira-kira jajanan apa sajakah mereka?

Cendol Vs. Dawet

Image result for cendol

Cendol dan dawet merupakan nama minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras. Biasanya, baik cendol maupun dawet disajikan bersama dengan gula merah dan santan serta es serut. Meskipun berwujud sama persis, cendol dan dawet terdengar berbeda bukan? Ya, penyebutan cendol dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya, sedangkan di daerah Jawa Timur menyebut minuman ini dengan nama dawet.

 

Cilok Vs. Pentol

Image result for cilok

Jajanan abadi sepanjang masa yang selalu digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa ini juga memiliki nama yang berbeda meskipun wujudnya sama. Terbuat dari tepung tapioka sehingga bertekstur kenyal. Di Bandung kamu akan menemukan jajanan ini dengan nama Cilok, sebaliknya jika berkunjung ke wilayah Surabaya jajanan ini bernama pentol.

 

Kue Wajik Vs. Pulut Manis

Image result for kue wajik

Jika orang Jawa menyebut jajanan ini dengan nama kue wajik, hal tersebut tentu berbeda dengan orang Sumatera yang menyebutnya dengan nama pulut manis. Padahal, jajanan yang punya nama berbeda ini sama-sama terbuat dari ketan dan umumnya berwarna cokelat. Rasanya yang manis membuat jajanan ini digemari banyak orang.

 

Serabi Vs. Laklak

Image result for serabi

Serabi adalah jajanan tradisional khas Indonesia yang biasanya dimasak dengan menggunakan wajan yang terbuat dari tanah liat di atas tungku perapian. Uniknya, jajanan ini juga bisa kamu temukan di Bali meskipun dengan nama yang berbeda. Masyarakat pulau dewata menyebut jajanan ini dengan nama laklak.

 

Bubur Candil Vs. Katiri Mandi

Image result for bubur candil adalah

Jajanan yang satu ini mungkin menjadi yang paling banyak memiliki nama. Umumnya orang mengenal jajanan ini dengan nama biji salak meskipun tidak terbuat dari biji buah salak. Namun, orang Jawa biasa menyebut jajanan ini dengan nama bubur candil. Hal itu berbeda dengan masyarakat Sulawesi yang mengenal jajanan ini dengan nama katiri mandi.

 

Hanya ada di Indonesia, jajanan yang berwujud sama namun justru populer dengan nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Apakah ada jajanan lain yang serupa tapi namanya tak sama?

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.