Meskipun Bau, Jengkol Juga Punya Manfaat Bagi Kesehatan

Dogfruit begitu nama jengkol dikenal oleh orang Barat Buah yang satu ini dipandang sebelah mata oleh banyak orang karena baunya yang begitu menyengat. Hal inilah yang menyebabkan tak banyak orang mengetahui bahwa jengkol juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat jengkol bagi kesehatan.

Membentuk Jaringan Tubuh

Kandungan protein tinggi dalam jengkol dapat membantu membentuk jaringan tubuh. Protein dalam jengkol kandungannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan kacang-kacangan hijau.

Jengkol Goreng

Jengkol Goreng. Sumber: youtube.com

Mencegah Anemia

Jengkol juga kaya akan zat besi, zat yang sangat penting untuk mengatasi kurangnya sel daran merah dalam tubuh. Tentunya kamu juga mengetahui bahwa jika tubuh kekurangan zat besi, maka produksi sel darah merah pun akan berkurang. Hasilnya? Nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh semua sel-sel tubuh pun akan berkurang.

Kurangnya oksigen dan nutrisi dalam sel akan memperburuk fungsi sel. Tak heran jika seseorang kekurangan zat besi, maka ia akan terlihat lesu, lemah, dan letih.

Burger Jengkol

Burger Jengkol. Sumber: travel.kompas.com

Kandungan zat besi dalam jengkol juga membuat buah yang satu ini baik untuk dikonsumsi oleh perempuan saat menstruasi. Karena pada saat itulah tubuh perempuan akan kehilangan banyak zat besi dengan banyaknya darah yang keluar dari tubuh.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Selain protein dan zat besi, jengkol juga mengandung kalsium dan fosfor. Keduanya adalah zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang dan gigi. Dengan takaran yang tepat, mengkonsumsi jengkol dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tulang dan gigimu.

Mencegah Radikal Bebas

Jengkol mengandung beberapa vitamin, yakni vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Kedua vitamin A dan C dapat berfungsi sebagai antioksidan, yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Jengkol Balado

Jengkol Balado. Sumber: kulinersehat.info

Mengobati Pembuluh Darah yang Menciut

Pasien penyakit jantung dengan pembuluh darah yang kian menciut menyebabkan peredaran darah menjadi tidak normal. Kandungan mineral dalam jengkol mampu untuk mengembalikan pembuluh darah yang telah menciut. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa mencegah pembuluh darah untuk menciut kembali. Agar manfaat jengkol  dapat dirasakan dengan optimal, jangan memasaknya terlalu matang.

Menstabilkan Organ Vital

Organ vital dalam tubuh dapat berfungsi secara optimal jika kebutuhan tubuh akan asam folat dan vitamin B6 terpenuhi. Jengkol yang mengandung asam folat dapat mengoptimalkan fungsi organ vital. Meskipun begitu, konsumsi jengkol dalam jumlah yang wajar. Karena jika berlebihan, jengkol tidak baik untuk ginjal.

Jengkol Crispy

Jengkol Crispy. Sumber: thejakartapost.com

Mengontrol Level Gula Darah

Manfaat jengkol lainnya adalah mengontrol level gula darah, sehingga konsumsinya baik untuk penderita diabetes. Jengkol mengandung gula yang baik untuk diabetes. Gula tersebut adalah gula yang mudah untuk diuraikan sehingga aman untuk penderita diabetes.

Da Nyin Thee Ohn No San, Pancake Jengkol Vietnam

Da Nyin Thee Ohn No San, Pancake Jengkol Vietnam. Sumber: thahara.com

Tidak seperti kandungan gula dalam makanan lain yang juga mengandung karbohidrat. Gula dalam jengkol leuh mudah diuraikan untuk diubah menjadi energi. Hasilnya, stamina tubuh pun akan meningkat. Proses penguraian kandungan gula tidak akan menyebabkan gula darah tersimpan dalam tubuh.

Efek Samping Jengkol

Meskipun jengkol juga membawa manfaat kesehatan bagi tubuh, konsumsi yang berlebihan juga akan menimbulkan efek samping.

  1. Konsumsi berlebihan menyebabkan gangguan jantung, ginjal, hati, dan pankreas.
  2. Jengkol mengandung asam amino yang dapat menyebabkan djengkolism. Gejala-gejalanya adalah encok, kejang otot, hingga gagal ginjal.
  3. Konsumsi jengkol dapat menyebabkan berbagai macam bau, mulai dari bau mulut, bau keringat, bau BAB, hingga bau BAK. Hal ini sebenarnya bisa dicegah dengan mempersiapkan jengkol dengan tepat sebelum diolah untuk mengurangi baunya.

Leave a Reply