Mengapa Pesawat Terbang Komersial Didominasi Warna Putih?

Mengapa banyak pesawat terbang komersial berwarna putih? Mungkin pertanyaan ini layak untuk ditanyakan sebab pada kenyataan memang jarang ada pesawat dengan dominasi warna lain selain putih. Meskipun secara teknis tiap-tiap maskapai tentu akan memiliki dekorasi pesawat terbang yang berbeda, entah dengan motif garis atau perpaduan warna lain, tetap saja warna putih selalu menjadi dominasinya.

Ternyata, pemilihan warna pada pesawat terbang komersial ini juga ada alasannya, loh!

Tidak Mudah Pudar

Hasil gambar untuk garuda airlines

Seperti yang kita tahu bahwa warna putih merupakan salah satu warna yang terbilang cukup awet dan tidak mudah pudar pada situasi apapun. Inilah alasan hampir semua pesawat terbang komersial didominasi warna putih. Meski berlama-lama berada di udara melawan cuaca panas terik maupun dingin ekstrim, pihak maskapai tak harus berulang kali mengecat pesawat mereka, bukan?

 

Biaya Cat Pesawat Mahal

Hasil gambar untuk cathay pacific airways

Mengecat pesawat bukanlah hal yang mudah. Butuh tenaga, waktu, serta biaya yang tidak sedikit. Untuk jenis pesawat Boeing dan Airbus saja butuh waktu lebih kurang tujuh hari dengan biaya sekitar 50.000 hingga 75.000 dollar Amerika Serikat. Oleh karena itu, pemilihan pesawat terbang komersial didominasi warna putih bisa menghemat biaya perawatan pesawat itu sendiri.

 

Jika Terdapat Kerusakan Mudah Terlihat

Hasil gambar untuk etihad airways

Alasan lain mengapa pesawat komersial didominasi warna putih adalah untuk memudahkan petugas melihat adanya kerusakan pada badan pesawat. Tentunya hal ini dilakukan sesuai dengan standar keamanan yang berlaku. Dominasi warna putih akan memudahkan petugas untuk melakukan pemeriksaan terutama pada saat malam hari.

 

Memiliki Sifat Termal

Hasil gambar untuk china airlines

Warna putih memiliki sifat termal, artinya ia mampu memantulkan cahaya yang datang ke badan pesawat sehingga penumpang di dalamnya tidak kepanasan. Selain itu, hal ini juga mencegah tingginya suhu badan pesawat yang berbahaya pada saat melakukan pendaratan. Mendinginkan badan pesawat tentu membutuhkan waktu yang cukup banyak mengingat ukurannya yang besar itu.

 

 

Mempertahankan Nilai Jual Pesawat

Hasil gambar untuk air france

Tahukah kamu jika pesawat komersial didominasi warna putih memiliki harga jual yang relatif stabil? Ya, hal tersebut adalah fakta yang memang benar adanya. Pihak maskapai akan lebih memilih untuk melakukan jual beli pesawat komersial dengan warna putih dengan alasan-alasan tadi. Tak heran jika pesawat komersial dengan dominasi warna lain cenderung memiliki nilai jual yang rendah.

 

Nah, sudah tahu kan alasan dibalik pemilihan warna putih untuk pesawat terbang komersial? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.