Membuat Guacamole Saus Alpukat Khas Meksiko Ternyata Sangat Mudah!

Meskipun tidak begitu dikenal di Indonesia, saus buah satu ini sudah mulai menapaki kuliner tingkat internasional. Ditambah dengan tren kuliner alpukat di negara-negara Barat, saus buah alpukat yang disebut dengan nama guacamole turut menjadi populer. Alpukat sendiri tergolong mudah untuk didapatkan di Indonesia. Dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan harga di negara Barat, kita bisa mencoba masakan khas Meksiko ini tiap saat. Bosan dengan makanan yang itu-itu aja? Yuk, coba buat guacamole sendiri.

Resep Membuat Guacamole

Saus alpukat asal Meksiko ini biasanya disajikan sebagai sambal cocol keripik tortilla. Selain itu, guacamole juga digunakan sebagai selai roti sandwhich, topping pizza, dan bahkan untuk filling hotdog, burger, dan tacos! Variasi kreatif kuliner menggunakan guacamole tidak ada batasnya.

Bahan:

  • 3 buah alpukat matang
  • 2 buah tomat
  • 3 sendok makan bawang bombay yang sudah dicincang
  • 3 sendok makan cilantro. bisa diganti dengan seledri
  • 3/4 sendok teh garam
  • Cabe sesuai selera

 

Alat:

  • Cobek, uleg, pisau, dan sendok

Orang meksiko mempunyai alat masak yang disebut dengan nama molcajete. Alat ini sama seperti cobek, namun mempunyai 4 kaki. Oleh karena itu, kamu bisa menggantikan molcajete dengan cobek dan uleg yang ada di dapurmu.

Cara Membuat:

  1. Tambahkan bawang bombay, cilantro, cabe, dan garam ke dalam cobek kemudian uleg sampai halus

    1. Uleg Semua Bahan Kecuali Alpukat dan Tomat

    Uleg Semua Bahan Kecuali Alpukat dan Tomat. Sumber: mexicanfoodjournal.com

  2. Tambahkan buah alpukat yang telah dikupas kemudian uleg sampai setengah halus

    2. Uleg Buah Alpukat

    Uleg Buah Alpukat. Sumber: mexicanfoodjournal.com

  3. Tambahkan tomat tanpa mengulegnya. Aduk dalam hingga tercampur merata

    3. Tambahkan Tomat Kemudian Aduk

    3. Tambahkan Tomat Kemudian Aduk. Sumber: mexicanfoodjournal.com

  4. Jika garam dirasa kurang, kamu bisa menambahkan sesuai selera.

Tips Penyajian:

  • Guacamole lebih baik untuk dimakan langsung setelah membuatnya. Jangan membuat guacamole untuk dikonsumsi lain waktu. Menyimpannya di kulkas pun akan membuat buah alpukat menjadi coklat dengan cepat
  • Penyajian guacamole sebaiknya dalam suhu ruangan.
  • Tambahan cabe dalam guacamole dimaksudkan untuk kamu yang menyukai pedas. Jika kamu tidak ingin saus alpukatmu pedas, maka tinggalkan tambahan cabe. Sebaliknya, jika dirasa kurang pedas, kamu bisa menambahkan sesuai selera
  • Banyak yang merekomendasikan untuk tidak menambahkan air perasan lemon dalam guacamole. Air perasan lemon yang terlalu banyak akan menutupi rasa alpukat sehingga banyak yang menyarankan untuk hanya menambahkannya sedikit. Namun tentunya, kamu bisa menyesuaikan bahan-bahan guacamole dengan preferensi lidahmu.

 

Fakta Seputar Guacamole

Karena guacamole menggunakan alpukat sebagai bahan utama, maka nutrisi yang didapat sama dengan nutrisi dalam alpukat. Kamu akan mendapatkan lemak sehat yang disebut dengan istilah monounsaturated fat, vitamin B, K, E, dan potasium.

Alpukat sendiri memang pertama kali ditemukan di Meksiko. Dulunya buah hijau yang mengandung banyak lemak baik  ini disebut dengan alligator pear (pear buaya). Awalnya guacamole tak begitu populer di Amerika Serikat karena pembatasan imprt buah alpukat dari Meksiko. Namun, seiring dengan berkebangnya waktu, pemerintah akhirnya sedikit demi sedikit menaikkan tingkat eksport buah alpukat. Ditambah dengan meningkatnya populasi orang Latin, guacamole bersama masakan khas Amerika Tengah lainnya menjadi kuliner favorit warga Amerika Serikat.

Tren kuliner modern dan bertemunya budaya kuliner antar negara membuat banyak variasi guacamole bermunculan. Resep asli guacamole sesungguhnya hanya terdiri dari buah alpukat yang dihancurkan yang ditambah dengan garam. Namun, sekarang resep standar menggunakan tomat, bawang bombay, air buah lemon, cabe, dan cilantro. Beberapa resep modern bahkan menggunakan sour cream dan kacang polong sebagai bahan utama.

Leave a Reply