Makanan Ringan Khas Makassar Ini Siap Memanjakan Lidahmu. Yuk, Cobain!

Sebagai ibukota Sulawesi Selatan, kota Makassar menyuguhkan beragam tawaran wisata yang tentu bisa menarik minat wisatawan. Mulai dari wisata alam, yaitu pantai Losari, danau Tempe, dan Taman Nasional Bantimurung hingga wisata kuliner yang mampu memanjakan lidah para pecinta kuliner. Nah, buat kamu yang belum tahu apa saja yang bisa kamu cicipi di sana, inilah deretan makanan ringan khas Makassar yang wajib kamu coba!

Jalangkote

Source: www.dbento.com

Source: www.dbento.com

Makanan ringan khas Makassar yang satu ini secara fisik sama seperti kue pastel. Jalangkote dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung terigu, telur, santan, mentega, dan garam. Isiannya pun menggunakan wortel, kentang, daging sapi cincang, telur rebus, taoge, serta mi soun. Perbedaan jalangkote dan pastel terletak pada saus dengan cita rasa asam manis dan agak pedas yang disajikan bersama dengan jalangkote.

Kue Baruasa

Source: www.alfianwidi.com

Source: www.alfianwidi.com

Kue Baruasa merupakan makanan ringan khas Makassar yang terbuat dari kelapa parut kering yang dicampurkan dengan adonan tepung beras dan telur. Pada umumnya adonan kue baruasa di bentuk bulat lalu dipanggang dengan menggunakan oven. Kue baruasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan sangat mudah ditemukan di seluruh penjuru kota Makassar.

Putu Kacang

Source: www.kompasiana.com

Source: www.kompasiana.com

Makanan ringan lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Makassar adalah putu kacang. Putu kacang ini menggunakan kacang hijau dan gula merah sebagai bahan utamanya. Hingga saat ini putu kacang masih dibuat secara tradisional sehingga tetap terjamin kualitas dan rasa, serta bebas pengawet.

Bannang-Bannang

Source: www.kompasiana.com

Source: www.kompasiana.com

Bannang-bannang atau yang berarti benang-benang adalah makanan ringan khas Makassar yang bentuknya menyerupai benang kusut yang telah dilipat-lipat. Memiliki cita rasa yang manis, kue ini dibuat dengan menggunakan batok kelapa yang telah dilubangi dan dibentuk diatas wajan yang telah dipanasi. Sangat tradisional, bukan?

Otak-Otak Tengiri

makanan ringan khas Makassar

Makanan ringan khas Makassar selanjutnya ini sangat mudah kamu temukan di sekitaran pantai Losari, namanya otak-otak tengiri. Otak-otak tengiri ini biasanya dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Buat kamu yang ingin membawa oleh-oleh, makanan ini bisa dibeli dalam keadaan mentah dan dibakar di rumah nanti.

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.