Makanan Kedaluwarsa? Eits, Jangan Dibuang Dulu. Ada yang Aman Dikonsumsi!

Tak jarang ketika kita harus membuang makanan karena tanggal kedaluwarsa yang sudah lewat. Sayang memang, tapi gimana lagi. Daripada keracunan makanan basi? Padahal, beberapa jenis makanan masih bisa dikonsumsi lho meski tanggal kedaluwarsanya telah lewat. Ingat, tidak semua jenis makanan, hanya ada beberapa saja. Makanan apa aja sih? Yuk, langsung simak saja daftar makanan kedaluwarsa yang masih aman dikonsumsi.

Tapi sebelum itu, apa kamu tidak penasaran kenapa ada beberapa makanan kedaluwarsa yang boleh dikonsumsi? Kembali ke tanggal kedaluwarsa itu sendiri, tanggal tersebut bukan batas kapan makanan aan untuk dikonsumsi. Apalagi tanggal kedaluwarsa yang juga mencantumkan jam, menit, hingga detik. Emangnya kalo telat satu detik, udah tak aman lagi buat dikonsumsi?

Tanggal kedaluwarsa ada untuk memberikan informsi mengenai tingkat kesegaran suatu produk, bukan batasan kapan produk tersebut bisa dikonsumsi. Well, memang tanggal tersebut ada untuk mewanti-wanti konsumen bahwa produk sudah tak lagi segar. Produk yang sudah jauh dari kata segar tentunya mempunyai kualitas yang jauh, bahkan hingga tak layak dikonsumsi karena dapat menganggu kesehatan. Tapi, ada beberapa jenis produk makanan maupun minuman meskipun sudah tak lagi segar, masih tetap aman dikonsumsi. Kualiats rasa sih pastinya menurun, tapi kan lumayan buat megganjal perut ketika akhir bulan. Tak usah ditunda lagi, berikut jenis beberapa makanan an minuman tersebut.

Keju

Sisihkan Keju Kedaluwarsa dari Bercak Hitam agar Aman Dimakan

Sisihkan Keju Kedaluwarsa dari Bercak Hitam agar Aman Dimakan. Sumber: okezone.com

Tahu kan bagaimana keju dibuat? Dengan bakteri dan fermetasi yang “membusukkan” susu, jadilah keju. Jadi tak heran jika keju yang umurnya lebih dari tanggal kedaluwarsa masih aman untuk dimakan. Namun, kamu harus menghindari bagian yang telah terlihat hitam. Bagian tersebut telah ditumbuhi oleh jamur. Potong bagian tersebut dan konsumsi bagian tanpa bercak hitam, keju kedaluwarsa pun aman dimakan.

Sereal

Sereal Bisa Dimakan Meskipun Sudah Melewati Tanggal Kedaluwarsa

Sereal Bisa Dimakan Meskipun Sudah Melewati Tanggal Kedaluwarsa. Sumber: beritaagar.id

Meskipun sudah tak lagi renyak, sereal mempunyai masa simpan panjang melebihi tanggal kedaluwarsanya. Seperti kebanyakan makanan, jika disimpan dengan benar di tempat yang dingin dan kering, sereal dapat bertahan bahkan beberapa bulan setelah tanggal kedaluwarsa.

Roti

Walau Roti Sudah Tumbuh Bercak Hitam Masih Aman Dimakan

Walau Roti Sudah Tumbuh Bercak Hitam Masih Aman Dimakan. Sumber: pergikuliner.com

Yep, roti termasuk dalam daftar makanan kedaluwarsa yang aman untuk dikonsumsi. Walaupun sudah nampak mempunyai beberapa bercak hitam dibeberapa bagian, roti masih aman untuk dikonsumsi. Bagian hitam tersebut masih aman untuk dimakan kok, jika kamu enggan memotongnya satu-persatu. Namun, jika kamu sudah bisa mencium bau basi, maka buang bagian tersebut dan jangan dimakan! Selama belum tercium bau basi, roti kedaluwarsa bisa diolah menjadi French toast yang renyah. Cocok untuk sarapan dengan segelas susu!

Coklat

Bercak Putih dan Abu-Abu bukan Tanda Coklat Kedaluwarsa

Bercak Putih dan Abu-Abu bukan Tanda Coklat Kedaluwarsa. Sumber: moneyinc.com

Coklat yang sudah lama, yang melebihi tanggal kedaluwarsa akan membentuk bercak berwaran abu-abu atau putih. Ternyata bercak tersebut bukanlah jamur! Melainkan bentuk lain dari gula karena penyimpanan coklat di temperatur ruang yang tidak tepat, terlalu lembab atau kering. Bercak tersebut disebut sebagai sugar bloom. Coklat yang disimpan ditemperatur dingin dapat dikonsumsi melebihi tanggal kedaluwarsanya. Tapi sepertinya informasi ini tidak diperlukan. Emang kamu yakin bisa cuekin coklat sampai kedaluwarsa? Hitungan detik pasti udah habis aja.

Leave a Reply