Lifehack: 5 Cara Membuat Susu Lebih Tahan Lama

Sebagai minuman bergizi yang diperlukan oleh tubuh, sering kali susu tidak bisa disimpan dalam kurun waktu tertentu. Jika tidak cukup diperhatikan cara penyimpanannya, susu justru akan cepat basi. Susu memiliki variasi yang bermacam-macam, ada yang berupa bubuk, cair dan kental manis. Setiap susu memiliki cara penyimpanan yang berbeda. Beda jenisnya beda pula cara penyimpanannya.

Buat kamu yang belum tahu, berikut ini 5 cara membuat susu lebih tahan lama. Check it out!

Segera Habiskan Susu Cair

glass-1587258_1280

Apabila kamu memilih untuk rutin mengonsumsi susu cair setiap pagi hari, sebaiknya segera habiskan setelah kemasan susu dibuka. Jika memang tidak habis di hari itu pastikan kamu menyimpannya dalam kemasan yang tertutup. Simpan dalam lemari es dan jangan biarkan sampai lebih dari 2 hari. Perlu diingat bahwa ketika susu sudah berubah rasa sebaiknya buang saja.

Simpan Susu dalam Keadaan Tertutup

Source: www.detik.com

Source: www.detik.com

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, cara membuat susu lebih tahan lama adalah dengan menyimpannya dalam keadaan tertutup. Simpan dalam lemari es, letakkan di bagian tengah lemari es bukan di rak pintu lemari es. Hal ini dilakukan agar susu tetap tersimpan dalam suhu yang stabil, karena rak pintu lemari es cenderung berubah-ubah suhunya akibat aktivitas buka-tutup lemari es yang kamu lakukan.

Susu dalam Ukuran Banyak, Simpan Pada Suhu 10°C

Source: www.theprairiehomestead.com

Source: www.theprairiehomestead.com

Sebagai catatan tambahan, untuk kamu yang akan menyimpan susu dalam ukuran yang banyak, sangat disarankan untuk meletakkan susu dalam wadah yang cukup besar dan tertutup. Tak hanya itu, sebaiknya simpan dalam suhu 10°C untuk membuat susu lebih awet.

Hindarkan dari Bahan Makanan yang Berbau Tajam

breakfast-1216722_1280

Saat menyimpan susu di dalam lemari es sebaiknya jauhkan dari bahan-bahan makanan yang berbau tajam. Seperti, durian, daging, ikan, atau bumbu-bumbu dapur yang beraroma cukup kuat. Pasalnya, bau tajam bisa merubah rasa susu meski sudah disimpan dalam wadah tertutup.

Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Source: www.thekamfamily.com

Source: www.thekamfamily.com

Terakhir, pastikan kamu telah mengecek tanggal kadaluarsa dari susu yang sudah dibeli. Biasanya tulisan tersebut terletak di bagian atas kemasan karton (untuk susu bubuk dan susu cair), di bawah kaleng (untuk susu bubuk anak-anak dan susu kental manis), maupun di samping kemasan (untuk susu bubuk sachet). Format penulisannya biasanya dd-mm-yyyy.

Comments

comments

Sonia Anggraini
sonia@picodio.com