Lebih Segar dari Kepal Milo, Ini Dia Es Teler Mendunia Asli Indonesia

Indonesia sebagai negeri tropis yang mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun membuat kuliner minuman dinginnya terus digemari. Dengan terik matahari yang menghantui kegiatan sehari-harimu rasanya kurang pas kan kalau belum menenggak minuman dingin?  Variasi kuliner minuman dingin terus saja berkembang, mengikuti tren kuliner yang digemari oleh pasar. Lihat saja contohnya yang sekarang sedang ramai dibicarakan, apa lagi kalau bukan es kepal milo yang berasal dari negeri tetangga. Rasa cokelatnya yang overload mungkin bukan definisi kesegaran buatmu. Mungkin es teler dari Es Teler Mendunia bisa jadi alternatifnya.

Solusi hari-hari super panas sebenarnya banyak. Indonesia sendiri punya banyak sekali varian minuman dingin. Salah satunya yang memang asli Indonesia adalah es teler. Varian es satu ini sudah menyegarkan tenggorokan orang Indonesia sejak tahun 80an. Meskipun lebih menyegarkan dari es kepal milo, nyatanya (sekarang) banyak yang lebih memilih es kepal tersebut dibandingkan es teler.

Tren kuliner kini memang didikte oleh tren dalam media sosial. Karena es teler telah ada sejak puluhan tahun lalu, tentunya (sekarang) kalah viral dengan es kepal milo. Namun, salah satu milenial lulusan Universitas Negeri Yogyakarta, Damar, telah membuktikan bahwa varian pelepas dahaga “kuno” juga tidak kalah dengan es serut viral tersebut. Damar membuka lapak es teler yang turut meramaikan pilihan berbuka puasa saat Ramadhan. Namun, usai Ramadhan ternyata banyak yang memintanya untuk terus berjualan es teler, maka lahirlah Es Teler Mendunia.

Rahasia Kenikmatan Es Teler Mendunia

Rahasia Es Teler Mendunia bukanlah dari sesuatu yang viral dalam tren kuliner media sosial, melainkan Damar yang berusaha untuk tetap membuat menu esnya authentic. Ia menganggap es teler di Yogya bukanlah es teler yang asli, dengan tambahan bahan yang tak perlu seperti sirup. Menurutnya es teler mempunyai komponen utama alpukat, kelapa muda, dan nangka.

Es teler special + ice cream.. . . Nyessssssssssssss

A post shared by ES MENDUNIA™ (@esmendunia) on

Meskipun begitu, es teler miliknya juga mempunyai komponen tambahan yang dirasa tidak melenceng dari “es teler”. Tambahan topping yang tersedia yakni, es krim, durian, pancake durian, dan kacang almond. Kesederhanaan komponen penyusun Es Teler Mendunia ternyata terbukti “ampuh”. Banyak yang puas dengan es teler Darman karena isiannya tidak neko-neko.

Menu Es Lain yang Tak Kalah Nikmat

Selain es telernya yang sederhana, ternyata Es Teler Mendunia juga menyediakan varian menu minuman es lain. Yang menjadi andalannya adalah Es Alpukat Kocok. Buah alpukat tidak diblender sampai halus, melainkan dihancurkan dalam gelas meggunakan sendok. Dengan begitu, tekstur buah masih tersisa. Diatasnya ditambahkan serutan es batu yang kemudian disiram dengan susu kental manis.

Rasa premium , harga muraaaaah ora umum 🥑😘

A post shared by ES MENDUNIA™ (@esmendunia) on

Namun tak lama baru-baru ini, Es Teler Mendunia mengeluarkan topping baru untuk Alpukat Kocoknya. Topping es serut dan susu kental manis digantikan oleh krim keju, krim yang juga digunakan dalam cheese tea.

Varian lain dari Alpukat Kocok adalah Mangga Kocok. Buah alpukat digantikan oleh mangga dengan tambahan topping yang sama.

Meskipun soal kepopuleran masih tertutup oleh menu Es Teler dan Alpukat Kocoknya, terdapat juga pilihan pelepas dahaga lain dalam kedai Es Teler Mendunia. Beberapa diantaranya adalah Kelapa Muda Durian, Kelapa Muda Mangga, Kelapa Muda Alpukat, hingga Kelapa Muda Strawberry.

Sayangnya Es Teler Mendunia hanya tersedia di Yogyakarta saja. Jadi jika kamu penasaran dengan kesegarannya, jangan lupa mampir selagi di kota pelajar ini. Kedainya beroperasi di Jalan Selookan Mataram (Depan 247) Yogyakarta. Dari menu-menu es yang disebut diatas, mana sih yang paling bikin lidahmu penasaran?

Leave a Reply