Kakao vs Kokoa, Apa Bedanya?

Jika selama ini kamu menganggap kakao dan kokoa adalah sama, tentunya kamu salah besar. Kakao merupakan tumbuhan tahunan (perennial) yang berbentuk pohon dan dapat mencapai ketinggian hingga 10m, sedangkan kokoa merupakan produk olahan yang didapatkan dari biji tumbuhan kakao. Selain itu, apalagi yang membedakan antara kakao dan kokoa, ya?

Kakao

cacao

Kakao adalah tumbuhan perkebunan asal Amerika Serikat yang kini sudah banyak ditanam di  berbagai negara tropis lainnya. Buah kakao umumnya berukuran lebih besar dari bunganya dengan bentuk bulat dan memanjang. Warna buah kakao selalu berubah seiring pertumbuhannya. Pada saat masih muda, buah kakao berwarna hijau hingga keunguan. Apabila telah masak, maka kulit buah kakao berubah menjadi kuning. Di dalam buah tersebut terdapat biji yang terangkai pada plasenta yang tumbuh dari pangkal buah, di bagian dalam. Biji kakao yang dihasilkan umumnya diolah menjadi coklat.

Di Indonesia, kakao dihasilkan oleh beberapa perkebunan yang dikelola oleh pemerintah seperti PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) yang terletak di Kabupaten Jember. Biasanya pengelola perkebunan memanen kakao setelah berumur empat atau lima tahun. Cukup lama juga ya waktu yang dibutuhkan untuk memetik buah kakao!

Kokoa

cocoa-powder-shutterstock_115951840-617x416

 

Kokoa adalah biji kering penuh lemak yang berasal dari pohon kakao yang sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuat coklat. Kokoa sering dijumpai dalam bentuk serbuk kering yang terasa pahit sebelum diberi bahan campuran lainnya. Kokoa mengandung banyak flavonoid yang bermanfaat bagi sistem cardiovascular pada jantung. Selain itu, mengonsumsi kokoa secara rutin juga dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit hati.

 

Sekarang kamu sudah mengerti, kan, kalau kakao dan kokoa adalah dua hal berbeda yang sering salah presepsinya di masyarakat. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk kalian semua ya!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.