Jenis-Jenis Pancake Sebagai Menu Sarapan Pagi yang Wajib Kamu Kenali

Pancake merupakan menu sarapan pagi yang berasal dari daratan Amerika Serikat. Hidangan ini umumnya terbuat dari tepung terigu sebagai bahan utama dan disajikan dengan beragam topping. Namun, tahukah kamu kalau pancake memiliki beragam jenis? Yuk, kenali jenis-jenis pancake agar menu sarapan pagi kamu semakin bervariasi.

Poffertjes – Belanda

Poffertjes

Poffertjes merupakan jenis pancake berukuran mini dan bertekstur lembut yang dimasak dengan bantuan cetakan khusus yang terbuat dari besi tempa atau tembaga yang memiliki lubang-lubang kecil tempat adonan dimasak. Jenis pancake yang satu ini berasal dari Belanda. Biasanya, poffertjes disantap dengan taburan gula halus, mentega, serta madu sebagai menu sarapan orang-orang di sana.

 

Kaiserschmarrn – Austria

Kaiserschmarrn

Di Austria terdapat jenis pancake bernama Kaiserschmarrn yang termasuk sebagai salah satu makanan klasik yang resepnya sudah ada sejak abad ke 20. Kaiserschmarrn terbuat dari adonan tepung gandum yang diberi gula kemudian dimasak menggunakan mentega. Perbedaan Kaiserschmarrn dengan jenis pancake yang lain adalah ketika sudah matang, Kaiserschmarrn disobek menjadi bagian yang lebih kecil dengan tujuan dapat dilahap dalam sekali suap.

 

Crepes – Perancis

Sweet pancake with chocolate sauce and cherriesJenis pancake asal Perancis ini sudah terkenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Crepes memiliki bentuk yang tipis dan lebar serta biasa disajikan dengan tambahan topping seperti buah-buahan segar, lelehan coklat, atau keju. Menariknya, jenis pancake satu ini dapat pula dikreasikan menjadi menu sarapan yang gurih dengan menggunakan daging asap sebagai tambahannya.

 

Pfannkuchen – Jerman

Pfannkuchen

Pancake asal Jerman ini sepintas hampir mirip dengan crepes Perancis, tetapi Pfannkuchen memiliki bentuk yang lebih tebal. Masyarakat Jerman biasa menyajikan jenis pancake ini dengan isian bercita rasa manis dan digulung. Biasanya, mereka juga menambahkan taburan gula halus pada bagian atasnya.

 

Cachapas – Venezuela

cachapas

Meskipun masih berada di benua yang sama dengan negara asal yang mempopulerkan pancake, Venezuela rupanya memiliki jenis pancake yang cukup unik bernama Cachapas. Pancake tebal ini terbuat dari tepung yang terbuat dari jagung manis kemudian disajikan dengan potongan keju putih. Kamu dapat dengan mudah menemukan Cachapas di jalan-jalan besar Venezuela.

 

Kira-kira jenis pancake mana yang akan menjadi pilihan menu sarapan untuk pagi ini?

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.