Jangan Mengaku Pecinta Sushi Kalau Belum Mencoba 6 Jenis Sushi Ini

Hidangan yang dibuat dari nasi lalu digulung bersama isian, yang terdiri dari bahan laut dan sayuran ini sudah dikenal oleh masyarakat Jepang sejak tahun 1300-an silam. Sushi sendiri biasanya disajikan bersama kecap asin, acar jahe, lobak yang diiris halus serta wasabi. Secara umum, sushi dibagi menjadi dua bagian besar, yakni sushi gulung dan tidak digulung. Namun ternyata ada banyak jenis sushi yang bisa kamu jumpai di restauran Jepang. Penasaran apa saja?

Inarizushi

Source: www.foody.com

Source: www.foody.com

Inarizushi merupakan sushi yang diperuntukkan bagi para vegetarian. Pasalnya, jenis sushi yang satu ini terbuat dari kulit tahu goreng dalam campuran dashi, gula, kecap, dan mirin, sebelum diisi dengan nasi dan sayuran.

Nigiri Sushi

Source: www.carolinafishmarket.com

Source: www.carolinafishmarket.com

Nigiri sushi adalah jenis sushi yang dibuat menggunakan ikan mentah yang menutupi gumpalan kecil nasi dan dibuat dengan tangan kosong. Selain itu, nigiri sushi juga dilengkapi dengan nori atau rumput laut untuk menahan posisi ikannya agar tetap menempel pada nasi.

Temarizushi

Source: www.japonczyk-gotuje.com

Source: www.japonczyk-gotuje.com

Siapa sangka kalau sushi juga dibagi berdasarkan bentuknya. Nah, sushi bentuk bulat seperti bola yang satu ini dinamakan Temarizushi yang mana dalam bahasa Jepang ‘te’ berarti tangan, sedangkan ‘mari’ berarti bola. Sushi ini biasanya dihidangkan pada saat Hinamatsuri, karena ukurannya yang kecil dan penampilannya yang cantik.

Sasazushi

Sasazushi

Berbeda dari jenis sushi sebelumnya, Sasazushi ini merupakan sushi yang berbentuk segi empat. Biasanya pada penyajian jenis sushi yang satu ini diletakkan di atas sehelai daun berwarna hijau.

Chirashizushi

Source: www.japaneserecipes.wikia.com

Source: www.japaneserecipes.wikia.com

Sushi ini tidak tampak seperti sushi kebanyakan, karena berupa nasi yang ditempatkan di dalam mangkuk lalu ditambah dengan berbagai topping. Biasanya berupa ikan dan sayuran mentah atau bahan lainnya.

Makizushi

Source: www.timetravelturtle.com

Source: www.timetravelturtle.com

Sushi ini merupakan sushi yang cukup populer di Indonesia. Dibuat dari nasi yang digulung dengan nori. Terkadang juga menggunakan dadar tipis untuk menggantikan nori. Futomaki merupakan jenis Makizushi yang sangat tebal dengan diameter hingga 6 cm dengan isian berupa tuna, mentimun dan irisan wortel.

Comments

comments

Ordnella
giovaniat@hotmail.com