Jangan Ceroboh! Mengunggah Foto Dokumen Perjalanan di Media Sosial Itu Berbahaya.

Eksistensi media sosial di Indonesia semakin membuat para penggunanya kian rajin mendokumentasikan segala aktivitas yang dilakukan, termasuk ketika akan melakukan perjalanan. Tak jarang orang dengan santainya mengunggah dokumen perjalanan mereka, mulai dari paspor, tiket pesawat, ataupun sekedar check-in place saja. Padahal, kegiatan itu justru akan membahayakan keselamatan diri sendiri.

Dokumen perjalanan adalah bagian dari identitas pribadimu. Selayaknya menjaga privasimu, dokumen perjalanan tersebut tidak sepantasnya untuk diunggah di media sosial karena dapat mengundang bahaya.

Masa sih? Lalu, apa saja bahaya yang mungkin terjadi?

 

Penyalahgunaan Identitas Diri

paspor 1

Sumber: Instagram

Pada sebuah dokumen perjalanan, selain nama lengkap tentu berisi pula informasi-informasi pribadi lainnya yang sebenarnya hanya boleh diketahui diri sendiri. Misalnya dokumen perjalananmu seperti paspor. Umumnya, di dalam setiap paspor akan tercantum nomor paspor dan apabila kamu mengunggah foto paspormu di media sosial tentunya foto tersebut akan dilihat oleh pengguna lainnya. Bayangkan saja jika ada orang yang berniat jahat dan melaporkan nomor paspormu sebagai nomor paspor pelaku kriminal sehingga kamu dilarang pergi meninggalkan negara asal dan menunggu proses pemeriksaan lebih lanjut.

 

Ancaman Keselamatan Diri

tiket

Sumber: Airlines Ticket

Dokumen perjalanan lainnya yang sering diunggah oleh para pengguna media sosial adalah tiket pesawat. Jika kamu adalah salah satu orang yang pernah melakukan hal tersebut sebaiknya jangan diulangi lagi. Di dalam sebuah tiket pesawat, akan tercantum destinasi kota atau negara yang akan kamu datangi. Dengan demikian maka pihak yang tidak bertanggung jawab bisa saja melakukan hal-hal yang justru mengancam keselamatan dirimu sendiri dengan memanfaatkan informasi yang tercantum dalam tiket pesawat tersebut. Jangan sekali-kali mempertaruhkan keselamatan diri hanya demi sebuah eksistensi semata, ya!

 

Mengundang Tindak Kejahatan

travel-778338_1280

Mungkin hal ini ada di luar kesadaranmu ketika mengunggah dokumen perjalanan di media sosial. Foto dokumen perjalanan tersebut mengisyaratkan bahwa kamu sedang tidak berada di rumah, entah berpergian seorang diri atau bersama keluarga. Dari informasi tersebut dapat timbul niat jahat seseorang untuk membobol rumahmu yang terkadang tidak pernah terlintas di pikiranmu, bukan?

Selain itu, orang lain dapat berpura-pura menjadi dirimu dan berbuat sesuatu yang merugikan orang lain dengan mudah karena telah mengetahui beberapa informasi pribadi melalui foto dokumen perjalanan yang kamu unggah di media sosial.

 

Mulai sekarang jadilah pengguna media sosial yang cerdas. Bersikaplah bijak dengan memilah mana yang harus dan tidak harus diunggah ke media sosial. Segala sesuatu yang kamu lakukan tidak harus dipublikasikan, kok! Be smart!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.