Inilah Serba-Serbi Sate Taichan yang Mulai Naik Daun Dikalangan Pecinta Kuliner

Sate taichan merupakan hidangan berupa sate ayam yang pada proses pembuatannya dibakar tanpa menggunakan kecap dan bumbu kacang. Awalnya, makanan ini dijual oleh pedagang kaki lima di daerah Senayan, Jakarta. Sate yang juga disebut sate putih ini memang sedang populer di kalangan masyarakat. Tak heran kalau sekarang ini banyak penjual sate taichan bermunculan di berbagai kota di Indonesia. Nah, buat kamu yang penasaran apa saja sih serba serbi tentang makanan ini, simak artikel berikut baik-baik ya!

Asal Mula Sate Taichan

Source: www.hello-pet.com

Source: www.hello-pet.com

Seperti yang dilansir dari laman, Kompas (5/1), nama Taichan ini diciptakan oleh pria asal Jepang yang menikah dengan wanita asli Indonesia. Diceritakan bahwa suatu hari, pria tersebut hendak membuat sate. Namun, ada yang berbeda dari proses pembuatan sate pada umumnya. Pasalnya pria tersebut menambahkan garam ke permukaan dagingnya bersama jeruk nipis dan sambal. Ketika ditanya nama makanan yang dibuat, pria tersebut menjawab dengan lantang ‘taichan‘.

Disukai Para Pecinta Kuliner Nusantara

Source: www.foodenak.com

Source: www.foodenak.com

Pada dasarnya, Taichan merupakan sate daging ayam yang dibumbui hanya dengan garam, penyedap, jeruk nipis, dan disantap dengan sambal sate yang encer. Popularitasnya semakin memuncak ketika salah satu aplikasi ojek online mencantumkan sate Taichan sebagai salah satu menu yang bisa dipesan melalui driver ojek online tersebut. Dibanderol dengan harga Rp 20.000 untuk 10 tusuk sate, dan Rp 25.000 untuk porsi 10 tusuk sate lengkap dengan lontong tak heran jika hidangan yang satu ini membuat para pecinta kuliner jatuh hati.

Cara Membuat Sate Taichan

Source: www.detik.com

Source: www.detik.com

Buat kamu yang penasaran dan ingin mencoba untuk membuat sate Taichan di rumah, ternyata bahan-bahan dan cara membuatnya cukup mudah. Penasaran seperti apa? Inilah bahan-bahan yang terlebih dulu harus disiapkan:

Bahan Membuat Sate

– Dada ayam secukupnya, lalu potong dadu.

– 2 sdm jeruk nipis

– 1 sdm penyedap rasa

– Minyak sayur secukupnya

Bahan Membuat Bumbu Sate

– 7 buah cabe rawit

– 15 buah cabe merah

– 5 siung bawang merah

– 4 siung bawang putih

– 1/4 buah tomat

– 50 ml air

– 1/2 sdt gula pasir

– 1/2 sdt lada putih

– 1/2 sdt garam

– Minyak goreng untuk menumis secukupnya.

Langkah-langkah Membuat Sate Taichan

1. Potong dadu dada daging ayam yang telah disiapkan. Kemudian, lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan sedikit minyak sayur. Diamkan selama 15 menit atau sampai bumbu meresap sempurna.

2. Tusuk-tusuk daging ayam tadi dengan tusukan sate, lalu bakar sampai daging berubah warna dan matang. Sisihkan.

3. Haluskan semua bahan pembuat bumbu sate, selanjutnya tumis dengan menggunakan minyak goreng secukupnya.

4. Tambahkan air matang agar bumbu tidak terlalu kental.

5. Siapkan sate yang telah matang dan disisihkan tadi di atas piring saji, kemudian lumuri dengan bumbu yang matang. Sajikan bersama nasi putih hangat serta lalapan sayur sesuai dengan selera.

Sebagai bahan alternatif, kamu juga bisa loh menggunakan daging sapi, cumi-cumi, atau udang sebagai bahan utama dalam membuat sate Taichan ini. Selamat mencoba, ya!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.