Inilah Jaboticaba, Buah Anggur Asal Brazil yang Tumbuh di Batang Pohon

Pada umumnya, tanaman anggur tumbuh merambat dengan buah yang menggantung di atas cabang atau ranting. Namun, di Brazil, terdapat buah Anggur yang diberi nama Jaboticaba oleh penduduk setempat justru tumbuh disepanjang batang pohonnya. Penasaran seperti apa? Yuk cari tahu sama-sama!

Bentuk Pohon Mirip Pohon Jambu

Buah Anggur Jaboticaba

Source: www.kejadiananeh.com

Buah anggur Jaboticaba ini memiliki bentuk pohon yang menyerupai pohon jambu. Terdiri atas beberapa cabang berupa batang tebal dengan daun berwarna hijau dan berbentuk lonjong. Apabila musim panen telah tiba, kamu akan melihat pohon anggur Jaboticaba seperti sebuah batang pohon yang sedang dikerubuti oleh kumbang hitam. Padahal itu adalah buah anggur Jaboticaba yang tumbuh lebat di seluruh batang pohon, dari ujung hingga pangkalnya.

Tumbuh Subur di Wilayah Tropis

Source: www.angelnurserry.com

Source: www.angelnurserry.com

Buah anggur Jaboticaba ini habitat aslinya bertempat di Minas Gerias dan San Paulo, Brazil Selatan dengan iklim tropis. Tak heran jika di Indonesia, tepatnya di kota Ponorogo, buah anggur Jaboticaba ini juga dapat dibudidayakan. Dalam satu tahun, pohon buah anggur Jaboticaba akan mengalami masa panen selama dua kali.

Memiliki Rasa yang Unik

Source: www.jitunews.com

Source: www.jitunews.com

Buah anggur asal Brazil ini memiliki ukuran buah yang terbilang kecil dengan diameter sekitar 3-4 sentimeter. Saat masih muda, kulit buah anggu Jaboticaba ini berwarna hijau dan berubah menjadi ungu ketika matang atau siap panen. Jika kamu mengupas kulitnya, maka akan terlihat warna daging buah yang berwarna putih. Rasanya pun cukup unik, seperti perpaduan rasa buah anggur dengan buah leci dan juga alpukat.

Kaya Manfaat

Source: www.daleysfruit.com.au

Source: www.daleysfruit.com.au

Selain memiliki wujud dan rasa yang unik, buah anggur asal Brazil ini juga kaya akan manfaat. Kamu bisa mengonsumsi buah anggur Jaboticaba secara langsung untuk menghambat proses penuaan dini, memperlancar sistem pencernaan, maupun mencegah kanker. Di Brazil, buah ini dijadikan sebagai bahan utama pada proses pembuatan wine dimana semakin tua usia pohon anggur Jaboticaba maka wine yang dihasilkan pun akan semakin terasa nikmat.

Apakah kamu tertarik mencoba rasa buah anggur asal Brazil ini?

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.