Es Kepal Milo Asal Malaysia, Kuliner Kekinian Pembuka 2018

Awal tahun 2018 bulan Januari lalu, Daily Wuz telah memprediksi salah satu kuliner kekinian yang akan viral tahun ini. Daily Wuz memilih cheese tea sebagai kandidatnya. Bukan tanpa sebab, minuman satu ini memang sudah sangat viral di negara asalnya Taiwan, hingga penikmatnya harus antri berjam-jam. Negara tetangga Indonesia seperti Singapura dan Malaysia juga terkena demam cheese tea. Sayangnya, cheese tea meskipun sudah ada di Indonesia masih belum viral juga seperti minuman mangga Thailand tahun lalu. Bukannya cheese tea, yang keduluan viral malah es kepal Milo.

Berasal dari Malaysia

Cheese tea dari Taiwan, minuman mangga dari Thailand. Bagaimana dengan es kepal milo? Ternyata kuliner minuman kekinian satu ini bukan asli Indonesia, melainkan berasal dari Malaysia. Negeri jiran tersebut memang dikenal sebagai penggemar minuman coklat Milo. Sehingga tak heran jika kuliner kekiniannya menggunakan Milo sebagai daya tarik utamanya. Disana, es kepalnya disebut dengan nama ais kepal Milo.

Ais Kepal Milo Malaysia

Ais Kepal Milo Malaysia. Sumber: foody.id

Seperti Indonesia dengan es campur, Malaysia juga memiliki beberapa jenis kuliner es serut. Dipadukan dengan kegemaran masyarakatnya terhadap Milo, lahirlah ais kepal Milo. Kegemaran tersebut pula yang membuat ais kepal Milo cepat dikenal di negeri sana. Sebagai tetangga dekat, tak makan waktu lama Indonesia juga turut demam kuliner kekinian ini.

Kenapa Lebih Dulu Viral?

Cheese tea sudah viral di Taiwan, Malaysia, dan Singapura lama sebelum tahun baru 2018. Ais kepal Milo sendiri baru viral di Malaysia sekitar Januari 2018. Dengan kata lain, cheese tea lebih dulu muncul dan viral di negeri tetangga, namun ternyata di Indonesia sendiri teh keju masih kalah popularitasnya dibandingkan dengan es kepal Milo.

Kayak antri sembako murah ya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

A post shared by ES KEPAL MILO VIRAL – JAKARTA (@eskepalviral) on

Mungkin hal ini disebabkan karena masyarakat Indonesia lebih akrab dengan minuman coklat Milo dibandingkan dengan teh keju. Generasi 90an pasti ingat jaman SD dulu terdapat acara membagikan Milo gratis di sekolah. Tiap anak mendapatkan Milo dalam gelas kertas kecil, rasanya kurang. Ditambah lagi dengan faktor bahwa teh keju di negeri asalnya dan negeri tetangga lebih identik dengan minuman yang dijual di stand mall sebagai franchise. Berbeda dengan es kepal Milo yang dijajakan secara kaki lima.

Resep Es Kepal Milo

Meskipun telah viral dan muncul di tab explore Instagram kamu, nyatanya es kepal kekinian ini masih sulit dijumpai. Tentu saja masalah ini tidak berlaku bagi ibu kota Indonesia karena stand kaki lima yang menjajakan es kepal Milo sudah tersebar di Jakarta. Di kota besar seperti Yogyakarta dan Surabaya mulai bermunculan satu persatu, meskipun jumlahnya masih terbilang tidak banyak. Daripada menunggu standnya muncul di dekat rumahmu, lebih baik kamu mencoba membuatnya sendiri. Bahan dan alat mudah didapat, hanya rasa malas saja yang perlu dibuang jauh-jauh.

Bahan:

  • 5 sachet Milo @35gr
  • 1 kaleng susu kental manis cokelat
  • 10 gr bubuk coklat
  • 50ml air panas
  • Topping: meises, remah oreo, Milo bubuk, kacang
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat:

  • Serut atau blender es batu kemudian kepal dan sajikan dalam mangkok
  • Campurkan Milo, bubuk cokelat, dan susu kental manis kemudian blender hingga merata
  • Tambahkan air panas dan blender kembali hingga kentalnya merata
  • Tuangkan campuran Milo tersebut diatas es serut yang telah dikepal
  • Tambahkan topping meises, remah oreo, bubuk Milo, dan kacang dengan membaginya rata menjadi 4 sisi.

Kurang afdol rasanya kalo saya ga share resep es kepal milo ya πŸ˜†πŸ˜ƒ aslinya dari malaysia di jogja kalo beli katanya antriiii banget duhh siang ini panas banget cocok pake banget minum es milo ini. Es kepal milo @dapur_lindawaty 5 sachet milo bubuk saya pakai yg 3 in 1 (@35gr) 1 kaleng Susu kental manis coklat . 10 gr bubuk coklat 50 ml air panas. topping Meises Kacang Biskuit Cara membuat : Campur milo+susu kental manis dan coklat bubuk serta air panas mixer hingga tercampur rata dan adonan kental.ini untuk adonan milo yg siram nya Blender es batu ( atau es serut) kepal2 letakan di wadah dan siram dengan campuran milo , beri topping. Tadi saya pakai topping milo bubuk,meises, biskuit dan kacang LENGKAP. . . . . . #dapurlindawaty_eskepalmilo #milo #eskepalmilo

A post shared by RESEP KUE KEKINIAN (@dapur_lindawaty) on

Topping yang digunakan tentunya sesuai selera. Ada pula yang menggunakan cokelat Silverqueen, sereal Koko Krunch, hingga permen Chacha sebagai toppingnya. Namun, jika kamu merasa semua bahan yang digunakan “terlalu cokelat” untuk seleramu, kamu juga bisa mengganti beberapa bahannya dengan rasa lain. Misalnya topping bubuk Milo dapat digantikan dengan bubuk matcha.

Leave a Reply