Ditetapkan Kementerian Pariwisata, Ini Dia 5 Makanan Nasional Indonesia

Makanan Indonesia memang sangat beragam. Perbedaan budaya dari Sabang hingga Merauke membuat negara kepulauan kita kaya akan berbagai macam pilihan kuliner. Sayangnya, kekayaan kuliner inilah yang membingungkan kita semua. Ketika ditanya apa makanan nasional Indonesia, sulit rasanya untuk dapat menjawabnya dengan satu jenis makanan secara yakin. Hal ini karena tiap jenis makanan Indonesia menonjol di daerah asalnya masing-masing, sehingga sulit rasanya untuk memilih satu pemenang yang benar-benar merepresentasikan Indonesia secara keseluruhan.

Menanggapi dilema ini, akhirnya Kementerian Pariwisata menetapkan 5 makanan nasional Indonesia. Dengan begitu, kamu tak akan bingung lagi ketika ditanya oleh turis asing mana makanan nasional Indonesia yang wajib dicicip ketika berkunjung kesini.

Soto

Soto Lamongan

Soto Lamongan. Sumber: foody.id

Hidangan satu ini ada di tiap sudut Indonesia. Versinya pun banyak, menyesuaikan preferensi lidah masing-masing masyarakat lokal. Mungkin yang paling dikenal adalah Soto Lamongan, yang relatif cukup ringan karena tidak menggunakan santan seperti soto Betawi namun masih kaya akan rempah-rempah. Taburan koyanya membuat soto Lamongan begitu khas dibandingkan versi soto yang lain.

Kemenpar tidak menyebutkan versi soto mana yang menjadi salah satu makanan nasional Indonesia. Bukan soto Madura, Betawi, maupun Lamongan. Namun hanya soto, hidangan sup berwarna kuning yang meskipun versinya berbeda-beda, menjadi kegemaran kita semua.

Rendang

Rendang

Rendang. Sumber: resepdanmasakan.com

Tak heran jika makanan dari Padang ini menjadi salah satu makanan nasional Indonesia. Dimasak berkali-kali sampai daging menjadi lembut dan bumbu yang meresap, rendang dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan, CNN menobatkan rendang sebagai makanan terenak di dunia!

Sate

Sate Madura

Sate Madura. Sumber: bisniswisata.co.id

Sama seperti soto, sate juga memiliki beberapa jenis di Indonesia. Sate Madura, Padang, hingga Ponorogo, hidangan daging yang dipanggang menggunakan arang ini mudah ditemukan di berbagai daerah Indonesia.

Nasi Goreng

Nasi Goreng

Nasi Goreng. Sumber: infobdg.com

Selain rendang yang identik dengan Indonesia, ini dia makanan yang juga selalu disebut oleh turis asing. Sederhana, nikmat, dan juga bisa dimodifikasi tanpa mengubah drastis rasanya, nasi goreng juga menjadi kegemaran masyarakat Indonesia yang mudah ditemui dimana saja. Di sudut kota pedagang kaki lima, restoran, hingga hotel berbintang lima, nasi goreng cocok untuk lidah semua orang.

Gado-Gado

Gado-Gado, Saladnya Indonesia

Gado-Gado, Saladnya Indonesia. Sumber: wikiwand.com

Makanan satu ini berisi campuran macam-macam sayur, maka tak heran jika dijuluki sebagai Indonesian salad, saladnya Indonesia. Namun, jika salad di luar negeri disiram menggunakan saus alpukat atau guacamole, salad Indonesia ini disiram dengan bumbu kacang dan tambahan sambal. Kacang panjang, kentang, selada, tahu goreng, hingga lontong, gado-gado nikmat dan mengenyangkan.

Ditetapkan untuk Meningkatkan Wisata Kuliner Indonesia

Kelima makanan diatas bukannya dipilih tanpa dasar, melainkan melalui banyak pertimbangan. Contohnya seperti ketersediaannya di restoran Indonesia yang ada di luar negeri. Hadirnya makanan di restoran-restoran tersebut menunjukkan secara tidak langsung makanan apa yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia sampai bisa dikenal dan digemari oleh turis asing.

Hal tersebut dijadikan pertimbangan pun bukan tanpa sebab. Penetapan makanan nasional Indonesia ini dilakukan oleh Kemenpar demi memperkenalkan wisata kuliner Indonesia ke luar negeri. Orang berwisata bukan hanya karena pemandangan atau landmark, melainkan juga karena ingin mencicip kuliner aslinya. Bahkan menurut Menteri Pariwisata, pengeluaran untuk kuliner turis saat berwisata bisa mencapai 40%!

Turis Asing Menikmati Kuliner Indonesia

Turis Asing Menikmati Kuliner Indonesia. Sumber: kafebunda.wordpress.com

Selain menetapkan makanan nasional Indonesia untuk meningkatkan wisata kuliner, Kemenpar juga menetapkan destinasi kuliner Indonesia. 3 destinasi tersebut adalah Bali, Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang), dan Bandung. Ketiganya terpilih sesuai standar: khas tidaknya produk, komitmen pemerintah, dan giatnya promosinya.

Leave a Reply