Coffee Enthusiast? 5 Kedai Kopi Lawas Ini Tak Boleh Terlewatkan!

Menjamurnya berbagai tempat nongkrong anak muda kekinian seperti cafe membuat banyak warung-warung kopi terpaksa menutup bisnisnya. Pasar kuliner kopi sekarang memang harus dibarengi dengan hal-hal yang digemari oleh generasi milenial, generasi yang memegang peran besar sebagai mayoritas konsumen. Tempat yang nyaman dan instagrammable kadang faktor utama yang menentukan tingkat popularitas suatu tempat, jika dibandingkan dengan kualitas cita rasa hidangan yang ada. Meskipun, banyak yang tutup karena tak mampu bersaing dengan tempat nongkrong anak muda, masih terdapat kedai kopi lawas kekeuh berdiri, dicari oleh banyak penikmat kopi. Dilansir dari Kompas, Kedai kopi lawas yang tersebar di penjuru Indonesia berikut telah berdiri lama sejak masa pemerintahan Belanda!

Kedai Kopi Es Tak Kie

Berlokasi di Jalan Pintu Besar Selatan III, Gang Gloria No.4-6, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat. Kedai kopi satu ini sudah berdiri sejak tahun 1927. Cita rasa kopi yang disediakan sangat khas, tak seperti es kopi yang setelah diseduh langsung diberi es batu. Lumeran es baru pada kopi panas akan membuat cita rasa kopi berkurang. Di kedai Kopi E Tak Kie, kopi dibuat pagi hari, tepatnya pukul 4. Saat kedai sudah beroperasi pukul 6 pagi, kopi yang dibuat pun sudah dingin. Sehingga, jika diberi es batu, lumeran es tidak akan merusak cita rasa kopi seperti seduhan panas kopi yang langsung diberi es.

Kedai Kopi Es Tak Kie

Kedai Kopi Es Tak Kie Jakarta. Sumber: satyawinnie.com

Harga kopi berkisar antara Rp15.000 hingga Rp17.000. Selain kopi, kedai kopi lawas ini juga menyediakan berbagai menu makanan yang cocok untuk sarapan seperti kwetiau ayam, nasi hainam, dan bakmi ayam.

Warung Kopi Solong

Warung Kopi Solong yang berlokasi di Jalan Teuku Iskandar No.13-14, Banda Aceh ini sudah beroperasi sejak tahun 1974. Reputasi warung kopi ini sudah sampai mancanegara, bahkan telah diulas oleh Lonely Planet.

Warung Kopi Solong Aceh

Warung Kopi Solong Aceh. Sumber: acehtrend.co

Kopi Solong terkenal dengan menu racikan kopinya yang disebut dengan kopi sanger, kopi dengan susu kental manis yang disaring menggunakan kaos kaki. Selain itu, kedai kopi lawas Aceh ini terkenal pula dengan kopi loalnya Ulee Kareng. Kamu juga bisa menikmati kopi dengan beberapa menu makanan seperti mie, gorengan, dan jajanan pasar lainnya.

Warung Kopi Ake

Berlokasi di Jalan Veteran No.47, Parit, Tanjug Pandan, Belitung, kedai kopi lawas satu ini berdiri pada tahun 1922. Suasana warung kopi masih terasa ‘lawasnya’. Bisa dilihat dari teko-teko aluminium jadul dan saringan yang digunakan untuk meracik kopi.

Warung Kopi Ake Belitung

Warung Kopi Ake Belitung. Sumber: fornews.co

Warung Kopi Ake buka dari pukul 05.30 sampai dengan pukul 18.30. Kamu bisa menikmati sajian kopi yang khas dengan kisaran harga Rp10.000.

Warung Kopi Purnama

Berdiri sejak tahun 1930an, Warung Kopi Purnama berlokasi di Jalan Alkateri No.22, Braga, Bandung. Meskipun tak bisa dibilang bahwa interior dan menunya menandingi kedai kopi kekinian, Warung Kopi Purnama lawas berkelas. Selain itu, menu camilan yang disediakan pun merupakan jenis menu yang digemari generasi milenial saat mengobrol di tempat nongkrong. Terdapat berbagai varian menu roti: gulung telur keju, selai, ham. Terdapat pula menu makanan berat seperti nasi goreng, tahu telur dan gado-gado. Warung Kopi Purnama buka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga 22.00.

Warung Kopi Purnama Bandung

Warung Kopi Purnama Bandung. Sumber: infobdg.com

Kopi cita rasa authentic, menu kekinian, interior lawas instagrammable, dan adanya wifi, membuat kedai kopi satu ini tak pernah sepi pembeli muda.

Warung Kopi Kong Djie

Kong Djie yang berdiri sejak tahun 1943 berlokasi di Jalan Siburik, Tanjung Pandang, Belitung. Namun, yang membedakan Kong Djie dari kedai kopi lawas diatas adalah brand kopinya yang ternyata sudah menjadi sebuah bisnis waralaba. Dengan kata lain, terdapat pula Kong Djie lain di daerah Indonesia, seperti Depok dan Jakarta, yang juga menyediakan racikan kopi yang sama. Selain sajian kopi dengan rentang harga Rp10.000, Kong Djie juga menyediakan snack seperti gorengan dan donat.

Warung Kopi Kong Djie Belitung

Warung Kopi Kong Djie Belitung. Sumber: cipusuaib.id

Jika dililhat mana yang paling dekat dengan tempat nongktong tipikal generasi milenial sih sepertinya Warung Kopi Purnama. Namun, jika apa yang kamu cari cita rasa kopi yang tak ada duanya, mungkin kedai kopi lawas yang lain adalah jawabannya. Kedai mana yang ingin kamu kunjungi?

Leave a Reply