Cheese Tea, Prediksi Kuliner Kekinian 2018

Menilik kembali tren makanan tahun 2017 lalu, pasti kamu pun bertanya-tanya kuliner apa ya yang akan ngehits di tahun 2018 ini? Banyak macam kuliner yang ngetren di tahun 2017. Mulai dari minuman mangga asal Thailand, pisang nugget, dan seblak, hingga jajanan sekolah sempol. Tahun 2018 diprediksi Indonesia akan kembali menggilai kuliner minuman, sama seperti minuman mangga tahun lalu. Minuman tersebut adalah cheese tea, atau teh keju.

Cheese tea sendiri telah menjadi viral di beberapa negara tetangga kita, seperti Singapura dan Malaysia. Indonesia sendiri pun sudah mulai memunculkan beberapa franchise cheese tea, namun sampai sekarang masih saja belum menjadi heboh dan viral. Mungkin karena minuman ini masih tergolong baru, yang viral di negara tetangga dan negara asalnya di akhir tahun 2017. Meskipun cheese tea masih susah dijumpai di Ibu Kota Jakarta, Medan ternyata udah punya loh!

Ya, seperti artian namanya, cheese tea adalah teh keju. Bukan minuman teh yang ditaburi parutan keju, namun teh dengan olahan foam keju diatasnya. Menurut Daily Wuz sendiri sih, minuman ini akan mengikuti jejak keviralan minuman mangga Thailand di Indonesia. Apalagi dengan sebutan keju dalam namanya. Kamu pasti tau sendiri bagaimana warganet begitu antusias dengan kuliner keju: steak dengan lelehan keju, martabak mozarella, ayam geprek mozarella, dan berbagai kuliner dengan ella ella dan keju keju lainnya.

Antrian Hey Tea di Beijing

Antrian Hey Tea di Beijing. Sumber: vice.com

Keviralan cheese tea sendiri berawal dari sebuah brand teh Taiwan, Hey Tea. Di negeri sana, orang rela menagantre berjam-jam (sampai 6 jam!) hanya untuk mencicipi teh keju hits satu ini. Antrian yang super panjaaaaang ini bahkan sampai memunculkan jasa antri (calo) untuk membelinya. Hey Tea juga menyewa satpam sendiri untuk menjaga ketertiban antrian. Padahal kios Hey Tea sendiri kecil, semacam kios di food court mall.

Teh yang disediakan oleh Hey Tea memiliki tiga varian, yaitu, black, green dan oolong. Yah, teh memang komponen penting dalam minuman satu ini. Namun, komponen terpenting adalah keju diatasnya. Kalau ga gitu, ngapain susah-susah antri sampai 6 jam? Kan teh di supermarket juga ada. Bikin sendiri pun bisa.

Di Indonesia memang belum viral. Buat kamu yang pingin coba tapi mall terdekat masih belum ada, kamu bisa coba bikin sendiri. Itung-itung nanti kalau viral, kamu udah stay ahead of your friends, udah tau gimana kira-kira rasanya, jadi ga gitu kebelet lagi cicipin.

Cheese tea bisa disajikan dingin atau panas, sesuai selera kamu.

Bahan-bahan untuk keju

  • 250ml UHT whip cream
  • 30g cream cheese
  • 30g bubuk cream cheese
  • 100ml susu cair full cream
  • Sejumput garam
  • 50g gula

Bahan-bahan untuk teh

  • Teh sesuai selera kamu (green tea, matcha, jasmine, dsb)
  • Gula

Cara membuat teh

Udah tau dong cara bikin teh gimana?

  1. Seduh teh pilihan kamu dengan air panas
  2. Dinginkan dan simpan di dalam lemari es

Buat kamu yang lebih suka teh panas, langkah ini bisa kamu skip setelah membuat topping keju.

Cara membuat keju

  1. Pastikan semua bahan keju sesuai dengan takaran
  2. Pastikan semua bahan dingin, tidak panas
  3. Siapkan mangkok bersih
  4. Tambahkan cream cheese, bubuk cream cheese, dan susu dalam mangkok kemudian kock hingga semua bahan tercampur dengan sempurna
  5. Tambahkan UHT whip cream, gula, dan garam sambil diaduk perlahan
  6. Aduk hingga gula dan garam tercampur dengan sempurna
  7. Aduk dengan kecepatan konsisten kemudian tutup dengan plastik cling wrap dan dinginkan.

Leave a Reply