Bukan Hanya Menghangatkan Tubuh, Jahe Punya 7 Manfaat Ini Untukmu

Jahe adalah tanaman menjalar yang berbentuk jemari menggembung di ruas-ruas tengahnya. Tanaman ini popular sebagai rempah-rempah asli benua Asia yang juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain untuk menghangatkan tubuh, 7 manfaat ini bisa kamu dapatkan dari olahan jahe baik sebagai bumbu masakan maupun minuman.

Mengurangi Nyeri Otot

Buat kamu yang sering berolah raga tentu tidak asing dengan rasa nyeri pada otot yang datang usai melakukan aktivitas tersebut, bukan? Nah, untuk mengurangi rasa sakit dan juga nyeri pada otot, cobalah menyeduh parutan jahe sebanyak dua gram setiap harinya selama dua minggu. Dijamin nyeri ototmu tak akan terasa lagi.

 

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat jahe yang lain adalah sebagai penurun tekanan darah tinggi. Cukup minum air jahe secara rutin maka tekanan darah tinggimu bisa menurun hingga 12% tanpa harus menggunakan obat-obatan yang rasanya tentu saja tidak enak dan cukup merogoh kocekmu. Air jahe ini bisa menjadi alternatif obat yang sederhana, bukan?

 

Menyembuhkan Luka Memar

Jahe memiliki kandungan anti nyeri alamiah sehingga banyak orang yang membuat minyak jahe sebagai obat yang dapat menyembuhkan luka memar. Penelitian di Eropa juga menunjukkan bahwa jahe mengandung senyawa anti inflamasi dan volatile yang memiliki efek analgesic yang mampu mengempiskan bengkak. Letakkan parutan jahe pada bagian tubuh yang mengalami luka memar, lalu diamkan beberapa menit hingga meresap ke dalam kulit yang memar.

 

Mengobati Sakit Gigi

Siapa bilang lebih baik sakit gigi daripada sakit hati? Faktanya, sakit gigi adalah penyakit yang sangat menyiksa penderitanya. Nah, buat kamu yang ragu untuk pergi ke dokter gigi, jahe bisa menjadi obat alami yang efektif menyembuhkan sakit gigimu.

Bagaimana caranya? Kunyahlah seruas jahe dengan menggunakan gigimu yang berlubang. Sedikit nyeri di awal tetapi kemudian rasa sakitnya bisa hilang, kok.

 

Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala bisa menyerang siapa saja termasuk kamu. Jika sakit kepala datang mengganggu, cobalah untuk mengonsumsi bubuk jahe yang sudah dicampur dengan gula dan air hangat atau gunakan jahe segar yang dipotong-potong kemudian direbus dan minum airnya selagi hangat. Dalam hitungan menit sakit kepala pun sembuh.

 

Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Konsentrasi serta daya ingat yang baik memang dibutuhkan oleh semua orang terlebih bagi mereka yang sudah berada di usia lanjut. Manfaatkan jahe sebagai rempah-rempah alami penyedap setiap masakanmu. Sebuah studi di Amerika Serikat membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi jahe secara teratur kemungkinan terserang pikun atau dimensia di usia 60 tahun ke atas akan jauh berkurang.

 

Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Jahe merupakan obat yang efektif untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih. Kandungan Gingerol yang ada pada jahe merupakan agen antibakteri alami yang dapat menghambat penyebaran bakteri dalam ginjal. Untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih, kamu dapat mengonsumsi wedang jahe secara teratur.

 

Keberadaan jahe di dunia makin dicari belakangan ini. Indonesia cukup beruntung karena kaya akan rempah-rempah sehingga kamu tidak kesulitan menemukannya.

Nah, mulai sekarang jangan disepelekan lagi ya manfaat jahe bagi kesehatan tubuhmu! Selamat mencoba!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.