Buat Pecinta Hidangan Mie, Indonesia Punya Beragam Menu Unik dan Lezat!

Beberapa waktu lalu netizen sempat dihebohkan dengan foto presiden Amerika Serikat, Barack Obama, saat sedang mengunjungi sebuah depot mie di Vietnam. Rupanya orang nomor satu di negeri paman Sam itu memang menyukai masakan khas Asia. Jika sebelumnya beliau mengaku menyukai nasi goreng, kemunculan foto itu turut menciptakan persepsi bahwa presiden Barack Obama juga menyukai olahan mie.

Tak hanya Vietnam, Indonesia sebagai salah satu negara di benua Asia juga memiliki beragam menu unik dan lezat yang menggunakan mie sebagai bahan utamanya. Jangan mengaku pecinta mie kalau kamu belum mencoba ragam hidangan mie unik dan lezat asli Indonesia yang juga kaya akan bumbu dan rempah-rempah ini, ya!

Mie Aceh

Mie Aceh Fix

Dari namanya saja tentu kamu sudah tahu kalau hidangan mie unik dan lezat ini berasal dari Daerah Istimewa Aceh. Ada dua cara penyajian mie Aceh yang bisa kamu pilih, yaitu digoreng atau direbus, semua tergantung dengan keinginanmu. Selain itu, ada beragam lauk yang bisa dipilih sebagai pendamping sajian mie Aceh, mulai dari daging kepiting, udang, maupun jenis seafood lainnya. Cocok banget, kan, buat kamu pecinta makanan laut? Mie Aceh tentu wajib dicoba, ya.

 

Mie Celor Palembang

Mie Celor

Masih dari pulau Sumatra, mie celor merupakan mie kuning besar asli olahan masyarakat Palembang. Biasanya, mie celor disajikan dalam campuran kuah santan kental dan kaldu udang galah. Irisan telur rebus, daun bawang, seledri, dan bawang goreng tak pernah lupa untuk diletakkan di atasnya. Sudah terbayang, kan bagaimana lezatnya mie celor Palembang ini!

 

Mie Kocok Bandung

Mie Kocok Bandung

Beberapa di antara kamu mungkin sudah pernah mendengan hidangan asli Bandung ini. Disebut sebagai mie kocok, hidangan ini biasa disajikan bersama potongan kikil atau kulit sapi, serta ditambah tauge dan taburan bawang goring di atasnya. Kuah mie kocok yang gurih ini cocok memanjakan lidah para pecinta hidangan mie.

 

Mie Ongklok Wonosobo

Mie Ongklok

Buat kamu yang berkunjung ke Wonosobo, jangan lupa untuk menyempatkan diri menikmati mie ongklok yang unik dan lezat itu. Nama ongklok diambil dari sebutan untuk keranjang kecil yang terbuat dari bambu yang digunakan untuk membuat mie tersebut. Alat pembuat mie tersebut mudah ditemukan di daerah Wonosobo dan sekitarnya, loh!

Ongklok

Sama dengan mie pada umumnya, mie ongklok direbus dan diracik dengan kol, potongan daun kucai serta disiram kuah gurih berwarna kecoklatan. Uniknya, mie ongklok biasa disajikan bersama tempe kemul dan juga sate sapi.

 

Mie Titi

Mie Titi

Masih terdengar asing dengan mie unik asal kota Makassar ini? Berbeda dari mie sebelumnya, mie titi adalah mie kering yang pada penyajiannya disiram kuah kental berisi hati ayam, bakso, udang, cumi dan juga sayuran. Hidangan mie unik dan lezat ini akan makin sedap jika ditambahkan perasan jeruk nipis. Penasaran bagaimana rasanya? Yuk cobain!

 

Mie Cakalang

Mie Cakalang

Mie cakalang terkenal di kalangan masyarakat Manado. Biasanya mereka menikmati mie cakalang bersama dengan bubur manado sebagai menu sarapan. Mie ini terbilang unik sebab proses memasaknya dengan menggunakan ikan tuna. Untuk menambah cita rasa, mie cakalang disajikan bersama taburan abon ikan cakalang serta ditambah dengan sambal lombok hijau yang telah dicampur cuka, air, dan garam.

 

Wah semua hidangan mie unik dan lezat khas Indonesia tadi menggugah selera makan kita semua ya! Tunggu apalagi? Kita coba sama-sama deh ragam hidangan mie nan lezat tadi.

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.