Bosan dengan Camilan Biasa? Coba Varian Sayur dan Buah Goreng

Semangka kok digoreng? Semangka goreng terdengar aneh memang. Buah segar berwarna merah ini memang sangat identik dengan pelepas dahaga di tengah panasnya terik matahari. Jika digoreng, tentunya kesegaran semangka pun akan hilang. Buah goreng memang terdengar tidak begitu familiar. Padahal, salah satu camilan tradisional Indonesia sendiri juga terdiri dari buah yang digoreng, yakni pisang goreng. Nyatanya, buah yang nikmat digoreng tak hanya pisang saja, lho. Selain itu, sayur juga bisa dibuat sebagai camilan goreng. Dilansir dari Detik Food, berikut beberapa varian sayur dan buah goreng yang layak dicoba!

Semangka

Buah sumber kesegaran ini memang identik dibuat sebagai menu pelepas dahaga seperti sup Bandung dan salad. Namun, jika kamu ingin ngemil Semangka dengan cara baru, kamu bisa menggorengnya. Sebelum dimasukkan dalam miyak panas, semangka tanpa biji yang telah dipotong dibalut adonan tepung terlebih dahulu. Selain menggunakan tepung biasa, kamu juga bisa menggorengnya dengan tepung jagung yang telah dicampur dengan putih telur. Setelah matang, taburi dengan gula bubuk diatasnya. Jangan lupa untuk menyantapnya selagi panas, karena hilangnya kerenyahan juga dapat menghilangkan cita rasa secara drastis.

Semangka Goreng

Semangka Goreng. Sumber: papavapes.com

Alpukat

Alpukat di Indonesia dikenal untuk diolah sebagai jus buah. Jika di negara-negara Barat Alpukat sendiri lebih dikenal sebagai bahan dasar dressing salad atau saus tradisional Meksiko Guacamole. Selain digunakan sebagai jus dan saus, Alpukat juga dapat dijadikan gorengan. Celup irisan buah alpukat dalam telur yang telah dikocok rata kemudian baluri dengan tepung roti dan goreng dengan minyak panas.

Alpukat Goreng

Alpukat Goreng. Sumber: oneshetwoshe.com

Apel

Buah manis asam ini juga cocok untuk disantap dengan cara digoreng. Jenis buah apel yang kamu pilih lebih baik buah apel dengan tekstur yang keras dan tidak lembek seperti apel Malang. Cukup goreng irisan buah apel dengan adonan tepung kental. Apel goreng kemudian bisa disantap dengan taburan gula bubuk atau es krim vanila. Paduan apel yang asam-manis, tekstur tepung renyah, dan es krim vanila yang dingin pasti juara!

Apel Goreng

Apel Goreng. Sumber: detik.com

Jalapeno

Setelah gorengan yang manis, kini giliran yang pedas dalam daftar sayur dan buah goreng. Jalapeno, cabai hijau besar yang super pedas dari Meksiko, bisa dijadikan camilan gorengan yang nikmat! Dipotong menjadi dua bagian, jalapeno diisi dengan keju mozarella. Potongan jalapeno kemudian dibungkus dengan kulit siomay atau kulit pangsit. Sebelum digoreng, potongan jalapeno dibaluri dengantepung roti. Jangan lupa baluri dengan telur agar tepung roti bisa menempel.

Jalapeno Goreng dengan Stuffing Keju Mozarella

Jalapeno Goreng dengan Stuffing Keju Mozarella. Sumber: lifesambrosia.com

Kamu bisa merasakan sensasi renyah, keju mozarella yang mulur, dan pedas jalapeno sekaligus dalam sekali gigit. Karena orang Indonesia memang gemar kuliner pedas, kamu bisa menantang diri tanpa harus membersihkan biji jalapeno. Namun, jika lidah kamu tak begitu mentolelir pedas, jangan lupa untuk membersihkan bijinya.

Kembang Kol

Beralih dari keju dan manisnya buah, sayur goreng menggunakan kembang kol juga tak kalah nikmat. Kembang kol bisa jadi pilihan sayur dan buah goreng saat kamu ingin makan gorengan renyah tanpa taste overload dari masam buah dan keju mozarella. Balut tipis-tipis dengan tepung terigu. Setelah digoreng beri taburan sedikit merica dan garam.

Kembang Kol Goreng

Kembang Kol Goreng. Sumber: bettycrocker.com

Bagi beberapa orang sayur dan buah goreng memang terdengar aneh. Tapi, siapa tau ternyata rasanya cocok dengan lidahmu. Dari daftar diatas mana yang paling menggoda seleramu?

Leave a Reply