Berbagai Daerah di Indonesia Punya Hidangan Khas Lebaran, Yuk Incip Semuanya!

Penduduk Indonesia mayoritas memeluk agama Islam, sehingga tak heran jika saat Lebaran tiba, beragam daerah di seluruh nusantara memiliki hidangan khas yang tentunya menggugah selera untuk menyambut hari kemenangan ini. Selain ketupat, opor dan gulai ayam, hidangan-hidangan ini juga hadir memeriahkan semarak Idul Fitri di berbagai daerah di Indonesia. Penasaran apa saja hidangan khas Lebaran yang bisa kamu cicipi?

Timphan Aceh

Timphan

Jika kamu merayakan Lebaran di Aceh, maka Timphan adalah hidangan khas yang wajib dicicipi. Timphan merupakan hidangan khas Lebaran yang terbuat dari bahan dasar tepung dengan tekstur lembek dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Bahan dasar Timphan terdiri dari campuran tepung ketan, santan kental, dan garam. Biasanya Timphan diisi dengan telur ayam, gula pasir, terigu, nangka, kelapa muda, vanili, dan daun pandan.

Bolu Kojo Palembang

Bolu Kojo

Masih di kawasan Sumatera, tepatnya di kota Palembang, ada hidangan khas Lebaran yang juga tak kalah enak untuk dicicipi. Hidangan tersebut bernama Bolu Kojo. Bolu Kojo memiliki warna hijau dan bertekstur sama dengan kue bolu pada umumnya. Nama Bolu Kojo diambil dari salah satu peralatan pembuatnya yaitu loyang berbentuk bunga kamboja. Dalam bahasa Sumatera, kamboja disebut dengan kemojo.

Menariknya, di Palembang sendiri Bolu Kojo sama tenarnya seperti Pempek. Apakah kalian pernah mencobanya?

Ayam Gagape Makassar

Ayam Gagagape

Kalau di Jawa umumnya ketupat dimakan bersama opor ayam, hal tersebut berbeda dengan yang dilakukan oleh penduduk Makasar. Hidangan khas Lebaran di Makasar bernama Ayam Gagape yang dibuat dengan ragam rempah-rempah nusantara sehingga memiliki cita rasa yang cukup kuat. Untuk mendapatkan kuah yang kental dan gurih, Ayam Gagape diberi tambahan kelapa parut sangria di akhir proses pemasakan.

 

Panggang Haruan Banjar

ikan-gabus-panggang-haruan

Hidangan khas Lebaran di Banjar yang juga sebagai pelengkap ketupat bernama Panggang Haruan yang terbuat dari ikan gabus sebagai bahan utamanya. Panggang Haruan dimasak dengan menggunakan bumbu tumis yang terdiri atas cabai merah, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, garam, terasi, air asam, dan serai. Hidangan khas Lebaran ini biasanya disajikan bersama telur bebek rebus dan sambal goreng kentang.

Wah, banyak juga ya hidangan khas Lebaran dari berbagai daerah di Indonesia? Bagaimana dengan hidangan khas Lebaran di kotamu? Tentunya tidak kalah lezat dengan hidangan-hidangan tadi, bukan?

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.