Bangunan-Bangunan Unik Ini Ada di Surabaya

Dirgahayu Surabaya yang ke-723! Semoga rakyatnya makin sejahtera dan selalu damai.

Surabaya merupakan ibukota provinsi Jawa Timur yang juga menjadi kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Bandung. Nah, kali ini Daily Wuz akan membahas tentang bangunan-bangunan unik yang ada di Surabaya. Kira-kira kamu sudah tahu belum, ya kalau bangunan-bangunan unik tersebut sudah lama berdiri kokoh di Surabaya? Kita lihat sama-sama ya, ada bangunan apa saja.

Graha Pena

Graha Pena

Salah satu bangunan yang cukup terkenal dan unik di Surabaya yang pertama adalah Graha Pena. Bangunan unik ini terletak di jalan utama kota Surabaya yaitu di Jalan Ahmad Yani. Pada siang hari mungkin agak sulit melihat keunikan bangunan ini, namun pada malam hari akan terlihat sebuah pena raksasa yang menempel di bagian samping bangunan yang juga menjadi markas besar Jawa Pos.

 

Intiland Tower

Intiland Tower

Intiland Tower merupakan gedung perkantoran dan perusahaan-perusahaan besar yang berada di jalan Panglima Sudirman. Bangunan ini tergolong unik sebab memiliki desain yang tidak sejajar seperti bentuk gedung perkantoran pada umumnya. Sangat unik bukan jika sebuah bangunan berbentuk asimetris seperti Intiland Tower ini, bukan?

 

House of Sampoerna

House-of-Sampoerna1

Bangunan unik yang ada di Surabaya berikutnya merupakan sebuah bangunan yang merupakan museum rokok terbesar di Indonesia. House of Sampoerna berdiri di area seluas 1.5 hektar yang terdiri dari beberapa bangunan. Bangunan besar di tengah dan diapit dua bangunan kecil di kiri dan kanannya. Percaya atau tidak bangunan unik ini sudah ada sejak tahun 1864 silam! Apakah kalian sudah pernah mengunjunginya?

 

Hotel Oval

hotel-oval-surabaya

Berbeda dengan bangunan hotel pada umumnya, Hotel Oval yang terletak di jalan Diponegoro nomor 23 Surabaya ini memiliki desain bangunan berbentuk oval sama seperti namanya. Menariknya, Hotel Oval adalah hotel pertama di Asia yang berbentuk oval. Sejak dibuka pada 5 Oktober 2009 lalu, pengunjung hotel Oval bisa melihat bentuk lekukan keemasan melingkar dari sisi kanan ke kiri di dalam lobinya. Tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kamu yang ingin menginap dengan suasana hotel yang berbeda.

 

Gedung Cerutu

gedung cerutu

Bangunan unik sekaligus bersejarah di Surabaya berikutnya bernama Gedung Cerutu. Sesuai dengan namanya, bangunan ini memiliki bagian menara yang bentuknya didesain menyerupai cerutu. Nuansa era kolonial Belanda sangat melekat pada arsitektur Gedung Cerutu yang memiliki warna putih dengan atap berwarna merah. Gedung Cerutu berada di tepi Jalan Rajawali yaitu berada satu kawasan dengan Jembatan Merah, Surabaya.

 

Banyaknya pusat-pusat perbelanjaan yang dibangun di kota Surabaya tidak menurunkan popularitas bangunan-bangunan unik tadi, loh! Mereka justru makin banyak pengunjungnya. Bagaimana dengan kamu? Adakah bangunan di Surabaya yang menurutmu juga unik dan menarik?

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.