Bahaya! Jangan Menyimpan Telur di Dalam Kulkas

Banyak diantara kita yang terbiasa menyimpan telur di dalam kulkas untuk jangka waktu tertentu, bahkan di dalam sebuah kulkas terdapat ruang tersendiri yang berfungsi untuk menyimpan telur. Anggapan bahwa menyimpan telur di dalam kulkas dapat mengurangi risiko tumbuhnya bakteri salmonella nampaknya tak sepenuhnya benar.

Menyimpan telur di dalam kulkas ternyata menyimpan bahaya. Apa saja bahayanya?

Menurunkan Kualitas Telur

Menyimpan telur di dalam kulkas faktanya justru dapat menurunkan kesegaran dan kualitasnya, terlebih jika kemudian telur tersebut digunakan pada proses pembuatan kue. Kue yang terbuat dari telur dingin menjadi lebih sulit padat jika dibandingkan dengan penggunaan telur yang disimpan dalam suhu ruangan.

 

Memicu Pertumbuhan Bakteri

Telur yang disimpan di dalam kulkas kemudian dikeluarkan selama beberapa saat akan mengalami perubahan suhu secara drastis sehingga dapat memicu meningkatnya pertumbuhan bakteri pada cangkang. Selanjutnya, bakteri tersebut akan masuk ke bagian dalam telur melalui pori-pori cangkang.

Mengkonsumsi telur dalam kondisi tersebut justru membahayakan kesehatan diri sendiri, bukan?

 

Membuat Telur Mudah Busuk

Meskipun di simpan dalam kulkas, telur tetaplah bahan makanan yang hanya dapat bertahan selama 7 sampai 10 hari. Sebuah penelitian di Inggris bahkan menunjukkan bahwa telur yang disimpan pada suhu ruangan akan lebih bisa bertahan lama dibandingkan dengan telur yang disimpan dalam kulkas. Itulah sebabnya pedagang telur tidak menyimpan telur di dalam kulkas melainkan dibiarkan pada suhu ruang terbuka.

 

Mulai sekarang ubahlah kebiasaanmu saat menyimpan telur di dalam kulkas. Sebaiknya letakkan telur di suhu ruangan dengan wadah yang aman sehingga telur tidak mudah pecah. Kalian juga dapat menyimpann telur pada wadah yang telah dilapisi dengan jerami atau daun pisang kering. Pastikan untuk meletakkan telur dengan posisi bagian runcing telur terletak di bawah dan yang tumpul berada di atas demi untuk menjaga kualitas telur hingga saat dikonsumsi nanti.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan ragu untuk membagikan artikel ini dengan teman-teman lainnya, ya!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.