Bahaya! 5 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanaskan Ulang

Tahukah kamu bahwa beberapa jenis makanan yang dipanaskan ulang justru berbahaya untuk kesehatan manusia? Pasalnya, kandungan yang ada di dalam bahan-bahan makanan tertentu justru akan berubah menjadi racun ketika dipanaskan ulang. Nah, untuk menghindari hal tersebut, inilah 5 jenis makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan ulang.

Kentang

Source: www.postnesia.com

Source: www.postnesia.com

Kentang mengandung zat besi dan tembaga yang sangat baik untuk nutrisi otak. Selain itu, kentang juga diketahui memiliki kandungan karbohidrat yang mudah dicerna dan mampu menyehatkan lambung. Sayangnya, apabila kentang yang akan dikonsumsi melewati proses dipanaskan atau dihangatkan ulang, maka kandungannya bisa berbahaya untuk tubuh.

Dari hasil penelitian yang dilaporkan oleh ilmuwan dari Universitas Stockholm pada tahun 2002, diketahui bahwa pembentukan akrilamida selama proses pengolahan makanan dan terjadi pada berbagai macam bahan makanan akibat pemanasan pada suhu tinggi terutama makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi seperti kentang goreng.

Telur Ayam

Source: www.money.id

Source: www.money.id

Jenis makanan kedua yang tidak seharusnya dipanaskan ulang adalah telur ayam. Pasalnya, saat telur ayam dimasak pada suhu tinggi untuk kedua kalinya, meskipun hanya bertujuan untuk menghangatkan, hal ini justru menyebabkan munculnya kandungan racun dalam telur khususnya pada bagian kuning telur yang dapat merusak dan mengganggu sistem pencernaan.

Daging Ayam

Source: www.themeatman.sg

Source: www.themeatman.sg

Daging ayam juga merupakan jenis makanan yang terkadang dipanaskan ulang agar dapat dikonsumsi dalam keadaan hangat. Padahal, hal tersebut dapat menyebabkan berubahnya komposisi protein yang dikandung sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan pencernaan. Apabila terpaksa harus memanaskan ulang daging ayam, sebaiknya gunakan api kecil dan dalam waktu singkat saja.

Sayur Bayam

Source: www.youtube.com

Source: www.youtube.com

Bayam yang sudah dimasak harus segera dikonsumsi. Jangan coba-coba memanaskan ulang, karena bayam yang dipanaskan kandungan nitrat di dalamnya akan berubah jadi nitrit dan bisa membuat bayam bersifat karsinogenik yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

Nasi Putih

nasi putih

Di Indonesia, nasi adalah makanan wajib yang selalu ada pada daftar menu makan hampir semua orang. Nasi memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang dapat menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Namun, nasi sisa yang berada pada suhu kamar, bakteri akan mudah berkembang biak dan dapat menyebabkan keracunan.

Memanaskan nasi yang sudah dimasak menjadikan makanan tersebut tidak layak dikonsumsi kembali. Jadi, lebih baik makan nasi segera atau dinginkan dalam waktu satu jam setelah dimasak.

Comments

comments

Sonia Anggraini
sonia@picodio.com