Bagaimana Cokelat Hitam Mempengaruhi Sistem Saraf?

Bagi banyak orang, cokelat bisa jadi surga dan neraka disaat yang bersamaan. Cokelat bisa jadi pelega saat kamu ingin makan yang manis-manis, tapi juga bisa jadi penghambatmu dalam menjalankan program diet. Kendati demikian, selain kalori yang dapat menambah berat badan, cokelat mempunyai kandungan yang menyehatkan. Perlu diingat bahwa cokelat yang dimaksud disini bukanlah cokelat olahan yang dicamput dengan pemanis buatan dan susu, namun cokelat yang mengandung presentase cocoa solids yang tinggi seperti cokelat hitam. Cokelat dapat memberikan manfaat untuk otakmu, yang kemudian dapat mempengaruhi kesehatan emosional dan fisikmu.

Stimulan

Tumbuhan kakao diberi nama ilmiah yang diambil dari sebuah stimulan yang dapat mempengaruhi pusat sistem saraf dengan cara yang sama dengan bagaimana kafein mempengaruhi pusat sistem saraf. Akan tetapi, stimulan dengan nama theobromine tersebut mempunyai efek yang lebih ringan jika dibandingkan dengan kafein.

Cokelat Panas

Cokelat Panas

Tergantung dari berapa persen kandungan cacao solids pada cokelat, theobromine dapat mempengaruhi level energi. Segelas cokelat panas mengandung 200 miligram theobromin namun hanya 10 miligram kafein. Satu batang kecil permen mengandung 155 miligram theobromin dan hanya 12 miligram kafein.

Siaga

Kafein adalah bagian dari kandungan dalam tanaman kokoa. Kafein dapat dengan langsung diserap sehingga akan langsung diproses oleh otak ketika semua makanan da minuman telah dikonsumsi. Kandungan stimulan pada kafein dapat meningkatkan kesiagaan, layaknya kopi yang meningkatkan perhatianmu ketika capek dan ngantuk.

Cokelat Hitam

Cokelat Hitam. Sumber: anchalblogs.com

Tak seperti kafein dalam kopi yang dapat meningkatkan kecemasan dan depresi, cokelat tidak akan mempengaruhi sistem saraf. Kandungan kafein dalam segelas kopi sebesar 85 mg, sedangkan segelas cokelat yang tidak begitu manis hanya mengandung 20 mg kafein.

Kebahagiaan atau Sakit Kepala

Cokelat mengandung asam amino, zat dimana dopamine berasal. Dopamine sendiri adalah konduktor sinyan diantara sel-sel otak. Dopamine dianggap sebagai sumber dari semua perasaan positif yang bisa kita rasakan, seperti rasa puas dan bahagia. Namun, dopamine juga dapat berkontribusi untuk memicu munculnya sakit kepala bagi beberapa orang. Menurut Sekolah Medis Hardvard, kandungan asam amino dalam kakao memunculkan reaksi yang kompleks di pusat sistem saraf. Hal tersebut masih dalam penelitian lebih lanjut.

Mood

Cokelat baik untuk mood kamu. Di dalamnya terkandung phenylethylamine, sebuah peningkat mood yang membuat denyut nadimu meningkat dan meningkatkan level gula darah. Ditambah dengan sensasi cokelat yang meleleh dalam mulut, maka tak heran jika okelat dapat meningkatkan bad mood kamu. Selain itu, terdapat pula anandamides, zat yang dapat membebaskan endorphin, sehingga membuat reputasi cokelat semaking tinggi sebagai maakanan yang membuat mood jadi lebih baik.

Cokelat Membantu Meningkatkan Mood

Cokelat Membantu Meningkatkan Mood

Karena manfaat diataslah, kamu bisa mulai memilih cokelat hitam sebagai alternatif camilan kamu.Daripada memilih cokelat olahan manis yang hanya akan menaikkan berat badan, tentunya cokelat hitam lebih menguntungkan bukan? Namun, jika dikonsumsi dengan tidak hati-hati, kamu bisa merasakah resiko mengkonsumsi cokelat hitam bagi kesehatan.

Efek Samping Kafein

Mengkonsumsi cokelat hitam dalam jumlah besar berarti juga mengkonsumsi kafein. Jumlah kafein yang terlalu banyak dapat membuat denyut jantung lebih cepat, diare, cemas, dehidrasi, meningkatnya tekanan darah, hingga kesulitan untuk fokus. Selain itu, kafein juga dapat menyebabkan insomnia, sehingga lebih baik menghindari mengkonsumsi cokelat hitam sebelum tidur.

Batu Ginjal

Cokelat hitam juga dapat meningkatkan resiko terkena batu ginjal. Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, cokelat hitam megandung oksalat sehingga dapat menyebabkan ekskresi oksalat melalui buang air kecil. Dengan kata lain, resiko terbentuknya batu ginjal pun semakin tinggi.

Cokelat hitam memang pilihan lebih menyehatkan dibanding cokelat olahan yang mengandung banyak pemanis buatan. Namun, jika tidak dikonsumsi dengan hti-hati, cokelat hitam juga dapat mengakibatkan beberapa resiko kesehatan.

Leave a Reply