Acar Bukan Hanya Pelengkap! Ketahui Manfaat Acar Untuk Kesehatanmu.

Hampir di seluruh hidangan khas Indonesia, acar selalu dijadikan pelengkap kelezatan makanan. Acar merupakan olahan sayuran segar yang diberi cuka. Biasanya, acar terbuat dari mentimun, wortel, dan bawang merah segar yang dipotong dadu atau memanjang kemudian diberi cuka. Mulai dari martabak, bakmi goreng, dan sate tentunya acar selalu hadir sebagai pelengkap. Kandungan air dan cuka yang ada pada acar dapat meningkatkan selera makanmu. Akan tetapi, tahukah kamu manfaat mengonsumsi acar untuk kesehatanmu?

Menjaga Kadar Kolestrol

Kandungan alami yang ada di dalam acar mampu menjaga dan menurunkan kadar kolestrol yang berlebihan. Kamu tak perlu ragu lagi menikmati hidangan berat seperti sate atau gule kambing yang memang tinggi kandungan kolestrolnya. Acar yang segar membuat kadar kolestrol dalam tubuhmu tetap terkontrol.

 

Mengontrol Tekanan Darah

Selain dapat menjaga kadar kolestrol, acar pun mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuhmu. Mulai sekarang biasakan untuk mengonsumsi acar ketika menikmati makanan tinggi lemak dan memicu naiknya tekanan darah dalam tubuhmu. Hidangan lezat berupa kari dan rending juga makanan bersantan lainnya tidak perlu dihindari lagi.

 

Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Terkadang kita tidak dapat mengontrol tingkat kehigienisan suatu hidangan. Apalagi jika makanan tersebut tidak kita masak sendiri. Acar memiliki peranan untuk menghilangkan racun dalam tubuh sebab mengandung anti bakteri yang sangat baik. Selain itu, mengonsumsi acar juga dapat membuat kerja hati menjadi ringan dan proses pembuangan racun tubuh pun berjalan lebih baik.

 

Menangkal Radikal Bebas

Acar memiliki kandungan antibakteri dan antioksidan yang tinggi. Hal ini berarti bahwa acar dapat dikonsumsi untuk menangkal radikal bebas yang berakibat buruk pada kondisi kulit tubuhmu. Jika radikal bebas yang ada dapat ditangkis, maka penuaan dini pun tidak akan terjadi pada kulitmu.

 

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin yang tinggi ada pada acar, sehingga acar memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga sistem imun pada tubuh. Dengan demikian maka penyakit ringan seperti flu, batuk, dan demam tidak akan mudah menyerang tubuhmu.

 

Jangan sia-siakan keberadaan acar sebagai menu pelengkap hidangan lezatmu. Sudah tahu kan manfaat yang ada di dalam acar? Semoga informasi tadi dapat bermanfaat untuk kalian semua ya.

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.