9 Jenis Bakso Ini Membuktikan Kalau Masyarakat Seluruh Dunia Suka Makan Bakso!

Pada umumnya, bakso di Indonesia terbuat dari daging sapi giling yang dicampurkan dengan tepung tapioka. Dalam penyajiannya, bakso biasa disajikan bersama mi, selada, serta kuah kaldu. Hidangan gurih yang disajikan hangat ini sangat mudah ditemukan dimana saja, termasuk seluruh dunia. Penasaran seperti apa penampilan bakso dari seluruh penjuru dunia? Yuk, cari tahu sama-sama.

Bakso Urat Khas Indonesia

Source: www.detik.com

Source: www.detik.com

Buat kamu penggemar bakso, tentu tidak asing dengan jenis bakso yang satu ini. Yap, bakso urat adalah salah satu menu bakso paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dinamakan bakso urat, sebab pada proses pembuatannya, bakso diberi isian berupa irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar.

Bo Vien, Bakso Vietnam

Source: www.flickr.com

Source: www.flickr.com

Jenis bakso selanjutnya datang dari daratan Vietnam. Namanya, Bo Vien. Bahan-bahan pembuat bakso tersebut sama dengan yang biasa digunakan di Indonesia, yaitu daging sapi giling dan tepung tapioka. Hanya saja penyajian Bo Vien menggunakan kuah sup lengkap dengan taburan daun bawang.

Lion’s Head

Source: www.awanulhamzah.blogspot.com

Source: www.awanulhamzah.blogspot.com

Di China bagian timur, bakso akan dimakan bersama kuah chestnut dan kubis rebus. Hidangan ini dinamakan Lion’s head. Kuah yang digunakan oleh jenis bakso ini akan lebih bening karena mengandung sedikit lemak yang dihasilkan oleh kaldu sapi.

Tsukene, Bakso Panggang Khas Jepang

Source: www.brilio.net

Source: www.brilio.net

Berbeda dari kebanyakan negara Asia lainnya, penduduk Jepang lebih senang mengolah bakso dengan cara dipanggang. Jenis bakso yang dinamakan Tsukene ini biasanya diberi sedikit kecap serta taburan wijen di atasnya. Sensasi rasa yang ditawarkan tentu berbeda dari bakso-bakso lainnya!

Bitterballen Asli Belanda

Source: www.menuresep.com

Source: www.menuresep.com

Di Belanda,  bakso biasanya dibuat dengan cara digoreng dengan menggunakan tepung dan disajikan dengan saus khusus yang terbuat dari abon sapi. Makanan renyah nan menggugah selera ini dinamakan Bitterballen. Jenis bakso yang satu ini tidak disajikan bersama kuah kaldu, sehingga berbeda dari bakso-bakso yang ada di Indonesia.

Pulpety, Bakso Orang Polandia

Source: www.seriouseats.com

Source: www.seriouseats.com

Rupanya bakso di Polandia dibuat dengan bahan-bahan yang lebih creamy. Pasalnya, bakso khas orang Polandia yang dinamakan Pulpety ini dimasak dengan bumbu sayuran yang lembut dan akan disajikan dengan jamur dan krim asam. Terdengar lebih sehat, bukan?

Italian Meatballs

Source: www.jessicagavin.com

Source: www.jessicagavin.com

Dari namanya saja sudah jelas diketahui kalau jenis bakso yang satu ini asli Italia. Bakso ini terbuat dari daging sapi giling dan dicampurkan dengan tepung tapioka, namun biasanya disajikan bersama dengan saus bolognaise sebagai pelengkap hidangan spaghetti.

Kottbullar

Source: www.arla.com

Source: www.arla.com

Kottbullar adalah jenis bakso asli Swedia. Ciri khas yang sangat menonjol dari hidangan ini adalah bakso dimasak dengan cara ditumis dan dilapisi saus yang terbuat dari susu dan tepung. Biasanya Kottbullar disajikan bersama dengan campuran kentang rebus.

Konigsbeger Klopse

Source: www.youtube.com

Source: www.youtube.com

Nama hidangan yang satu ini cukup sulit untuk diucapkan, bukan? Saat melihat makanan yang satu ini sudah dipastikan kamu akan cukup terkejut. Pasalnya, Konigsbeger Klopse merupakan hidangan bakso yang disajikan dengan kuah mentega. Sebagai sumber karbohidrat, orang Amerika sebagai penggemar jenis bakso ini menambahkan kentang rebus.

Nah, semua jenis-jenis bakso khas mancanegara tadi sangat lezat dan layak untuk dicicipi, bukan?

Comments

comments

Sonia Anggraini
sonia@picodio.com