8 Makanan Indonesia yang Nikmatnya Tak Tergantikan oleh Kuliner Kekinian

Terbentang dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memiliki berbagai macam pilihan kuliner. Mulai dari yang pedas, manis, menu makan, hingga kudapan. Sayangnya, tren kuliner kekinian yang sering terinspirasi dari Barat membuat generasi muda terkadang lupa akan nikmatnya kuliner Indonesia. Diadaptasi dari CNN, berikut daftar makanan Indonesia menurut Daily Wuz yang kenikmatannya tidak bisa digantikan dengan makanan apapun.

Sambal

Sambal Bawang

Sambal Bawang. Sumber: resepmasakanindonesiaenakbanget.wordpress.com

Secara teknis, sambal memang bukan makanan namun lebih ke bumbu pelengkap. Kamu pasti tau bagaimana kecintaan masyarakat Indonesia dengan kuliner pedas. Makanan rasanya hampar dan eneg jika tak dimakan bersama sambal. Sambal matah, sambal bawang, sambal hijau, dan masih banyak lagi sambal-sambal lainnya di Indonesia. Kegemaran Indonesia akan sambal pun bisa kamu liat sendiri bagaimana berbagai restoran cepat saji dengan konsep kuliner negeri lain memasukkan sambal Indonesia di dalam pilihan menunya.

Kerupuk

Kerupuk

Kerupuk. Sumber: hafanu.blogspot.com

Makan mie, nasi, bakso, sup, bubur ayam, apapun, rasanya kurang lengkap tanpa gurih kriuknya kerupuk. Jika wajib tidaknya sambal di samping menu makanan bergantung pada toleransi pedas masing-masing individu, wajib hadirnya kerupuk lebih universal. Kerupuk bawang, udang, ataupun ikan, pokoknya ada yang kriuk, lengkap deh!

Gorengan

Macam-Macam Gorengan

Macam-Macam Gorengan. Sumber: malang.merdeka.com

Camilan murah meriah, nikmat, dan banyak pilihannya. Cuma Rp500, kamu sudah bisa melahap satu biji. Tahu goreng, mendoan, pisang goreng, cireng, ote-ote, nikmat dicocol dengan petis atau dimakan bersama cabai. Jauh dari kata kekinian, tua muda siapa sih yang menolak gorengan?

Indomie

Indomie dengan Telur Ceplok

Indomie dengan Telur Ceplok. Sumber: friedchillies.com

Nah, satu ini sudah mendunia. Bukan sembarang mie instan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, namun mi instan dengan merek Indomie lah juaranya. Mudah dan cepat dibuat, murah, ada dimana-mana, dan juga nikmat. Kegemaran milenial dengan Indomie akhirnya membuat mi instan ini menjadi bahan utama untuk kreasi kuliner kekinian. Menggabungkan selera pedas dan Indomie, lahirlah Indomie Abang Adek. Tren kuliner keju mozarella dan geprek, lahirlah Indomie Ayam Geprek Mozarella. Ala kekinian ataupun ala anak kos, nikmatnya Indomie masih tak bisa digantikan dengan makanan lain.

Nasi Goreng

Nasi Goreng

Nasi Goreng. Sumber: infobdg.com

Terkenal di macanegara sebagai menu kebanggaan Indonesia, nasi goreng juga menjadi kegemaran oleh warga lokal. Versinya pun banyak, mulai dari nasi goreng kambing, nasi goreng sea food, nasi goreng Padang, nasi goreng Jawa, semuanya ada untuk menyesuaikan mood lidah kamu.

Bakso

Bakso Beranak

Bakso Beranak. Sumber: infosore.com

Bola-bola daging ukuran kelereng hingga bola sepak, bakso tetap menjadi menu makanan andalan di Indonesia. Kuahnya dimakan bening tanpa tambahan apapun juga ok. Ditambah saus hingga kecap juga ok. Bakso paling nikmat dimakan masih panas-panasnya, meskipun kamu sedang menikmatinya siang bolong di bawah terik matahari. Paling cocok didampingi es teh manis.

Rendang

Rendang

Rendang. Sumber: resepdanmasakan.com

Menu makanan Indonesia dari Padang ini memang sudah dikenal secara internasional. Bukan hanya Indonesia saja, negara tetangga kita juga punya versi rendangnya sendiri-sendiri. Sama seperti Indonesia, rendang juga merupakan menu makanan kegemaran mereka. Kegemaran inilah yang kemudian menyatukan Indonesia dengan negara-negara tetangga saat keaslian rendang “terancam” oleh sentuhan Barat. Daging yang lembut dengan bumbu pedas yang meresap di dalamnya, tak tergantikan!

Pecel

Pecel

Pecel. Sumber: ngalam.co

Bumbu kacangnya diatas sayuran timun, kangkung, bayam, kecambah, dengan lauk goreng sangat cocok disantap sebagai menu sarapan. Lauk goreng bisa yang hemat sederhana seperti tahu, tempe, dan telur ceplok, hingga yang mewah seperti ayam goreng, ikan, sate usus, hingga daging. Ditambah rempeyek kacang, lengkap sudah.

Meskipun terdapat berbagai kreasi kuliner kekinian yang muncul, jangan melupakan cita rasa asli makanan Indonesia. Dari daftar di atas, jika hanya diperbolehkan memilih salah satu untuk menikmatinya seumur hidup, mana yang kamu pilih?

Leave a Reply