7 Manfaat Buah Kelengkeng yang Harus Kamu Tahu

Buah kelengkeng berbentuk bulat dan memiliki rasa manis. Biasanya buah kelengkeng dijadikan salah satu isian pada koktail atau minuman buah lainnya. Rasanya yang menyegarkan membuat buah tersebut menjadi salah satu jenis buah favorit di Indonesia. Akan tetapi, tahukah kamu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah kelengkeng?

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kelengkeng mengandung banyak vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Buah ini memiliki kandungan 84 miligram vitamin C per 3,5 ons-nya. Jumlah ini memenuhi 93 persen dari kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan bagi tubuh.

Mencegah Anemia dan Melancarkan Sirkulasi Darah

Selain banyak mengandung vitamin C, buah kelengkeng juga tinggi akan kandungan zat besi. Mengonsumsi buah kelengkeng secara rutin dapat membantu kamu untuk mencegah penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Selain itu, buah kelengkeng juga dapat melancarkan sirkulasi darah.

Menurunkan Risiko Gangguan Kesehatan Mata

Buah yang dalam bahasa Mandarin disebut dengan Mata Naga ini juga dapat dikonsumsi untuk menurunkan risiko gangguan kesehatan, seperti katarak. Pasalnya, pada buah kelengkeng terdapat 0,14 miligram riboflavin dalam setiap 3,5 ons-nya. Menurut sebuah penelitian di Inggris, riboflavin merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan mata.

Mengurangi Stres dan Kelelahan

Buah kelengkeng memiliki rasa yang segar sehingga dapat mengurangi stres dan kelelahan yang dialami oleh seseorang. Terlebih jika kamu mengonsumsi buah ini dalam keadaan dingin. Menariknya, kandungan vitamin yang terdapat pada buah kelengkeng juga dapat menjaga kinerja organ limpa dan hati.

Mempercepat Proses Penyembuhan

Meskipun memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup rendah, buah kelengkeng rupanya dapat melawan radikal bebas dalam tubuh ketika dikonsumsi bersama dengan polifenol. Tak heran jika manfaat buah kelengkeng adalah untuk mempercepat proses penyembuhan.

Membantu Program Diet

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa buah kelengkeng mengandung lemak dan kalori yang cukup rendah. Setengah mangkuk buah lengkeng hanya memiliki kandungan 35 kalori, pilihan yang cukup tepat untuk diet. Namun, jangan khawatir sebab buah ini ternyata mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memasok energi dan meningkatkan stamina.

Menghambat Penuaan Dini

Buah kelengkeng mempunyai sifat anti-penuaan dan terbukti mampu meningkatkan kesehatan kulit. Buah tersebut sangat bermanfaat untuk merawat kulit yang ada di area mata, serta bisa meminimalkan keriput serta mencerahkan warna kulit. Kelengkeng juga tinggi akan kandungan vitamin C yang bisa membantu menyehatkan kulit serta membuat kulitmu menjadi lebih kenyal.

Nah, mulai sekarang jangan ragu untuk secara rutin mengonsumsi buah mungil nan kaya akan manfaat ini ya!

Comments

comments

Cornellia Kwanda
cornellia.picodio@gmail.com