Rendang

7 Makanan Terenak di Indonesia

Indonesia selain terkenal dengan pesona alamnya yang indah disertai kebudayaan yang beranekaragam, Indonesia juga terkenal dengan makanannya yang menggoyang lidah. Berikut kami membuat list makanan terenak yang ada di Indonesia versi DailyWuz:

1. Rendang
Rendang
Masakan khas minang ini selalu sukses membuat lidah kita selalu bergoyang. Dengan perpaduan kelezatan daging sapi dipadu dengan bumbu rendang, Rendang sukses menjadi makanan favorit di Indonesia, bahkan di dunia.

2. Nasi Goreng
Nasi Goreng
Pada tahun 2011, sebuah polling Internet yang diadakan oleh CNN International dan diikuti oleh 35.000 orang menempatkan Nasi Goreng pada peringkat dua dalam daftar ’50 Makanan Terlezat di Dunia’ setelah rendang. Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk.

3. Sate
Sate
Sate atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Sate terdaftar sebagai peringkat ke-14 dalam World’s 50 most delicious foods (50 Hidangan Paling Lezat di Dunia) melalui jajak pendapat pembaca yang digelar oleh CNN Go pada 2011.

4. Gudeg
Gudeg Jogja
Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

5. Soto
Soto Ayam Lamongan
Soto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis soto yang super lezat. Sebut saja Soto Madura, Soto Betawi, Soto Sukaraja, serta soto-soto khas daerah lain di Indonesia yang menyajikan kelezatan tersendiri.

6. Rawon
Rawon
Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang mengandung kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta). Biasanya rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

7. Pempek
Pempek Palembang
Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Jenis pempek yang terkenal adalah “pempek kapal selam”, yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama “ada’an”), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.

Bagaimana menurut Anda? Apakah ada yang perlu ditambahkan didalam list ini? Silahkan berkomentar di kolom komentar dibawah ini.

Comments

comments

Allen
kallendro@gmail.com