7 Kuliner Khas Surabaya Penggoda Selera

Buat kamu yang sedang berkunjung ke kota Surabaya, belum lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner khas Surabaya yang tentunya menggugah selera makanmu. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semuanya bisa menikmati sajian khas kota pahlawan ini. Kira-kira apa saja sih kuliner khas Surabaya yang bisa dicicipi?

Rujak Cingur

RUJAKRujak cingur merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang terbilang cukup ekstrim. Pasalnya, makanan yang menggunakan kacang tanah dan petis udang sebagai bahan dasar pembuat bumbunya, juga menggunakan cingur alias bagian dari hidung dan mulut sapi. Wow! Sepertinya kamu membutuhkan keberanian untuk menikmati hidangan khas Surabaya ini ya!

 

Lontong Balap

Lontong BalapKuliner khas Surabaya selanjutnya adalah lontong balap. Nama balap sendiri diambil karena pada awal mulanya pedagan lontong balap menjajakan dagangannya dengan memikul dan berjalan cepat seperti di dalam pertandingan lari. Di dalam bahasa Jawa, pertandingan lari dikenal dengan istilah balapan.

Lontong balap juga menggunakan petis sebagai bahan dasar yang kemudian dicampurkan sebagai kuah untuk menyiram tauge serta lontong yang telah dipotong-potong terlebih dulu. Sungguh menggugah selera!

 

Lontong Kupang

Kupang-LontongSelain lontong balap, lontong kupang juga merupakan kuliner khas Surabaya yang tak kalah nikmatnya. Kupang merupakan hewan kecil yang hidup di laut menyerupai kerang. Lontong kupang biasanya dijajakan berdampingan dengan sate kerang dan juga es kelapa muda.

 

Gado-Gado

Gado-gadoDinamakan gado-gado karena di dalam hidangan ini kamu dapat menemukan beragam jenis makanan, seperti tahu dan tempe goreng, kentang dan telur rebus, selada, tomat dan juga lontong yang disiram dengan saus kacang. Gado-gado sendiri biasanya disajikan bersama dengan kerupuk udang dan juga emping goreng.

 

Sate Kelapa

Kuliner-Sate-Kelopo-OndemohenBelum lengkap rasanya kalau datang ke Surabaya tanpa mencicipi sate kelapa. Hampir serupa dengan sate pada umumnya yang terbuat dari daging ayam yang dipotong-potong kemudian dibakar di atas arang dan disiram saus kacang, sate kelapa menggunakan parutan kelapa untuk membungkus potongan daging yang ditusuk sebelum kemudian dibakar. Penjual sate kelapa yang terkenal di Surabaya dapat kamu temukan di Jalan Ondemohen.

 

Tahu Campur

Tahu campurTahu campur merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang juga banyak diburu oleh para pecinta kuliner. Tahu campur merupakan hidangan berupa tahu goreng yang disajikan bersama dengan potongan daging sapi, perkedel, dan juga selada. Hidangan ini juga dilengkapi juga dengan krupuk udang yang tentunya akan menambah meriahnya suasana makanmu.

 

Tahu Tek

tahu tekMakanan berbahan dasar tahu lainnya yang menjadi kuliner khas di Surabaya adalah tahu tek. Dinamakan demikian karena proses pembuatannya tidak menggunakan pisau melainkan gunting untuk memotong tahu dan bahan-bahan lainnya. Pengguntingan bahan dan bumbu itulah yang menimbulkan bunyi ‘tek’ sehingga makanan ini dikenal dengan nama tahu tek. Bersama dengan petis udang dan juga irisan kentang goreng, tahu tek siap memanjakan lidahmu.

 

Pecel Semanggi

semanggi-suroboyo

Semanggi merupakan jenis tanaman yang daunnya bisa dikonsumsi seperti bayam, kangkung, dan juga daun pepaya. Meskipun sudah hampir punah, pecel semanggi tetap ikon kuliner khas kota Surabaya yang wajib kamu coba. Penjual pecel semanggi biasanya menyajikan hidangan ini bersama dengan kerupuk puli, yaitu kerupuk yang terbuat dari sisa nasi.

 

Wah, semua makanan khas Surabaya siap untuk dicicipi nih! Makanan mana yang akan jadi favoritmu?

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.