7 Keajaiban Dunia Baru sebagai Representasi Warisan Dunia

17 tahun yang lalu pada tahun 2000, warga di seluruh dunia dapat memilih mana yang masuk dalam daftar keajaiban dunia. Dikemas oleh organisasi New7Wonder, terpilih sudah versi terbaru keajaiban dunia. 7 keajaiban dunia baru telah ditetapkan pemenangnya pada tahun 2007. Sayangnya, Candi Borobudur tidak ada diantara deretan 7 keajaiban dunia tersebut. Berikut adalah pemenang dari voting 7 kejaiban dunia baru.

Tembok Raksasa Cina (Cina)

Tidak seperti Candi Borobudur, Tembok Raksasa Cina kembali masuk dalam daftar keajaiban dunia. Dibangun dalam kurun waktu abad ke-5 sebelum masehi hingga abad ke-16, Tembok Raksasa Cina adalah benteng yang berdiri kokoh terbuat dari batu.

Tembok Raksasa Cina

Tembok Raksasa Cina. Sumber: travelandleisure.com

Benteng perlindungan ini dibangun untuk melindungi perbatasan Kekaisaran Cina dari serangan Mongol. Terdiri dari beberapa tembok yang memanjang hingga lebih dari 21.000 kilometer, membuat Tembok Cina Raksasa menjadi “bangunan” terpanjang yang dibuat oleh manusia.

Patung Kristus Sang Penebus (Rio de Jeneiro, Brazil)

Patung Kristus Rio de Jeneiro

Tampak Patung Kristus Rio de Jeneiro dari Ketinggian. Sumber: hhdwallpapers.com

Patung Kristus telah berdiri tegak dengan pose memberikan rahmat diantara pegunungan Corcovado. Didirikan sejak tahun 1931 dengan tingginya 38 meter, patung tersebut didesain oleh Heitor da Silva Costa. Pembangunannya sendiri memerlukan biaya hingga $250,000, yang dikumpulkan melalui donasi. Patung Kristus ini telah menjadi ikon bagi Rio de Jeneiro.

Machu Picchu

Kota yang dibangun dengan batu granit berkilau ini ada diantara puncak pegunungan Andrean. Menurut para ilmuan, Machu Pichu adalah pusat arkeologi dari Kerajaan Inka. Dibangun disaat masa kejayaan Kerajaan Inka di pertengahan tahun 1400, daerah pegunungan ini kemudian ditinggalkan.

Machu Picchu

Machu Picchu. Sumber: wikipedia.org

Situs Machu Picchu terus tersembunyi dari mata internasional, hanya masyarakat lokal yang mengetahui keberadaannya. Pada tahun 1911, arkeolog Hiram Bingham menemukan situs ini. Machu Picchu hanya bisa dijangkau dengan jalan kaki, kereta atau helikopter. Mayoritas turis yang ingin melihat salah satu 7 keajaiban dunia baru ini lebih memilih untuk menggunakan kereta dari kota Cusco.

Chichen Itza (Yucatan Peninsula, Meksiko)

Chichen Itza Meksiko

Chichen Itza Meksiko. Sumber: soultravelmexico.com

Kejeniusan dan kemampuan untuk beradaptasi dari budaya Suku Maya terlihat dari reruntuhan Cichen Itza. Kota tersebut dulunya merupakan kota yang berjaya, menjadi pusat pakaian, budak, madu dan garam. Kejayaan tersebut terjadi diantara tahun 800 hingga 1200, menjadikan Chichen Itza pusat politik dan ekonomi masyarakat Suku Maya. Reruntuhan yang paling familian adalah El Caracol, pusat penelitian astronomi yang cukup mutakhir di jamannya.

Koloseum Roma (Roma, Italia)

Koloseum telah menjadi ikon dari Roma, sehingga bangunan ini selaluidentik dengan Roma dan Italia. Dibangun diantara 70 hingga 80 masehi, Koloseum digunakan selama lebih dari 500 tahun. Strukturnya yang berbentuk elips dapat menampung hingga 50.000 penonton yang datang untuk menyaksikan gladiator dan event publik lainnya, seperti perburuan dan eksekusi hewan dan rekontruksi perang.

Koloseum Roma

Koloseum Roma. Sumber: stephendanko.com

Gempa dan pencuri batu telah membuat Koloseum menjadi reruntuhan. Meskipun demikian, struktur yang masih tersisa masih dibuka untuk turis. Selain itu, bentuk desain Koloseum telah banyak menginsiprasi bangunan teater terbuka, hingga 2000 tahun mendatang.

Taj Mahal (Agra, India)

Taj Mahal India

Taj Mahal India. Sumber: telegraph.co.uk

Bangunan indah ini merupakan makam dari istri Shah Jahan, seorang kaisar Mughal. Taj Mahal dibangun diantara tahun 1632 dan 1648. Meskipun dianggap sebagai bentuk seni Islam di India, struktur marmer putihnya sebenarnya merepresentasikan berbagai haya arsitektur: Persia, Islam, Turki, dan India. Terdapat pula taman dengan trotoar yang mengelilingi kebun bunga dan kolam.

Petra (Ma’an, Yordania)

Petra Yordania

Petra Yordania. Sumber: nationalgeographic.com

Dijadikan salah satu situs warisan dunia oleh UNESO pada tahun 1985, Petra adalah ibu kota dari Kerajaan Nabatea di bawah pimpinan Raja Aretas IV. Petra diduga berdiri kokoh diantara tahun 9 sebelum masehi hingga 40 masehi. Identitas masyarakatnya terbukti menjadi ahli dalam manipulasi teknologi air: membangun terowongan dan saluran air hingga oasis buatan. Beberapa struktur menajubkan dipahat menjadi bebatuan hingga teater dengan 4000 kursi.

Perlu dicatat bahwa daftar 7 keajaiban dunia baru diatas tidak ditulis dengan peringkat. Hal ini memang dihindari agar semua situs tersebut dapat merepresentasikan warisan dunia.

Leave a Reply