7 Hidangan Manis Khas Natal dari Seluruh Penjuru Dunia, Mau Coba?

Apakah kamu salah satu orang yang menanti datangnya Natal? Kalau iya, mungkin beberapa hidangan manis khas natal dari seluruh penjuru dunia ini bisa menjadi referensi kamu dalam menyiapkan sajian malam natal nanti. Kira-kira apa saja ya hidangan lezat itu? Cari tahu di sini!

Panettone

Source: www.kingarthurflour.com

Source: www.kingarthurflour.com

Panettone merupakan hidangan manis khas natal yang berasal dari kota Milan, Italia. Sekilas kue yang satu ini mirip dengan fruitcake pada umumnya, namun panettone memiliki kekhasan tersendiri, yaitu adonan yang digunakan untuk kue ini adalah dough yang diasamkan. Biasanya Panettone dibuat dengan bentuk kubah setinggi kurang-lebih 30 sentimeter dan dilengkapi dengan manisan kulit jeruk, manisan sitrun, kismis, dan manisan lemon yang berada di dalamnya. Penduduk asli kota Milan biasanya menikmati hidangan ini bersama dengan wine atau kopi di malam natal.

Yule Log

Source: www.blog.partypieces.co.uk

Source: www.blog.partypieces.co.uk

Hidangan manis khas natal yang satu ini merupakan dessert tradisional asli Perancis. Bentuk kue ini terbilang cukup unik karena menyerupai batang pohon. Yule Log sendiri merupakan nama sebuah pohon yang diyakini masyarakat setempat akan memberikan perlindungan terhadap kebakaran jika sisa-sia kayu dibakar dan disimpan sepanjang tahun. Buat kamu yang tertarik mencicipi Yule Log, di Indonesia sendiri sudah menjual hidangan ini terutama di beberapa toko kue ternama di Jakarta.

Olliebollen

Source: www.boodschappen.superbuddy.nl

Source: www.boodschappen.superbuddy.nl

Olliebollen atau yang biasa disebut juga dengan donat Belanda ini terbuat dari gandum, telur, gist, susu, baking powder, garam, dan biasanya ditambahkan kismis serta irisan buah apel. Adonan kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil, lalu digoreng dan sajikan selagi masih hangat. Hidangan manis khas natal ini tidak hanya ditemui di Belanda saja, tetapi juga ada di Belgia yang oleh penduduk setempat disebut dengan smoutenbollen.

Risgrynsgröt

Source: www.nordicfoodliving.com

Source: www.nordicfoodliving.com

Risgrynsgröt merupakan puding beras yang biasa disajikan penduduk Swedia sepanjang perayaan natal. Hidangan yang memiliki cita rasa manis ini biasanya disajikan untuk menyambut kehadiran keluarga besar yang berkunjung ke rumah. Uniknya, apabila ada salah satu anggota keluarga yang menemukan almond di dalam puding beras ini, maka ia akan beruntung sepanjang tahun.

Christollen

Source: www.worldsoffood.de

Source: www.worldsoffood.de

Di Jerman, terdapat satu hidangan manis khas natal yang tidak pernah dilewatkan oleh penduduk setempat. Pasalnya, Christollen ini sudah ada sejak abad ke-14 meskipun pada masa itu kue ini hanya dinikmati oleh para pekerja tambang. Berbentuk panjang seperti terowongan yang oleh penduduk setempat dimaknai sebagai gambaran bayi Yesus yang terbungkus kain lampin berwarna putih, Christollen ini disajikan dengan taburan gula halus dipermukaan atasnya.

Krumkake

Source: www.stylishcuisine.com

Source: www.stylishcuisine.com

Krumkake yang berarti kue lipat atau lengkung ini adalah kue kering wafel yang terbuat dari tepung, gula, mentega, dan krim. Kue ini merupakan hidangan manis khas natal dari Norwegia. Bentuknya sama seperti cone es krim pada umumnya, namun Krumkake ini diberi isian berupa whipped cream dan irisan buah berry.

Figgy Pudding

Source: www.saga.co.uk

Source: www.saga.co.uk

Hidangan manis khas natal yang satu ini berasal dari Amerika Serikat. Figgy Pudding merupakan puding yang berisi buah ara. Menariknya, cara memasak puding ini pun beragam, mulai dari dipanggang, dikukus, ataupun direbus. Semua dapat disesuaikan dengan selera yang mau memakannya. Puding jenis ini baru muncul di masyarakat dan dijadikan sebagai makanan khas Natal di Amerika Serikat sejak abad ke-16 silam.

Bagaimana dengan hidangan manis khas natal di tempat tinggalmu? Pastinya tidak kalah menarik dan tentu lezat, bukan?

Comments

comments

Sonia Anggraini
sonia@picodio.com