6 Situs Warisan Dunia UNESCO Terbaru yang Harus Kamu Kunjungi

UNESCO sebagai organisasi yang berperan dalam bidang pendidikan, keilmuan dan kebudayaan PBB, baru saja merilis beberapa situs warisan dunia terbaru yang tentunya menarik untuk dikunjungi. Inilah dia 6 situs warisan dunia UNESCO terbaru yang jangan sampai kamu lewatkan!

Hubei Shennongjia, Tiongkok

Situs warisan dunia ini terletak di area provinsi Hubei yang merupakan salah satu hutan kuno terbesar di Negara Tiongkok. Hutan lebat ini menjadi tempat yang sangat penting bagi pengembangan penelitian botani dan sekaligus rumah bagi sejumlah satwa liar yang terancam punah, seperti monyet berhidung pesek, macan tutul, dan beruang hitam Asia. Tak heran jika beberapa waktu lalu UNESCO meresmikan tempat ini menjadi salah satu situs warisan dunia.

 

Khangchendzonga National Park, India

Situs warisan dunia terbaru selanjutnya terletak di Gunung Khangchendzonga, India. Tempat ini merupakan salah satu tempat suci bagi masyarakat adat Sikkim yang tinggal di area gunung tertinggi ketiga di dunia itu. Sebagai taman nasional yang diresmikan oleh UNESCO, Khangchendzonga National Park ini memiliki beberapa obyek wisata seperti lembah, danau, gletser, dan hutan kuno yang tidak kalah menarik untuk kalian kunjungi.

 

The Persian Qanat, Iran

Qanat merupakan istilah untuk sistem irigasi bawah tanah kuno yang ada di Iran. Mengingat bahwa air adalah komoditas yang paling berharga di negara gurun pasir itu, tak heran jika sistem irigasinya sengaja dibuat sangat panjang demi menjaga distribusi air ke segala penjuru kota. UNESCO pun akhirnya menjadikan The Persian Qanat menjadi salah satu warisan dunia yang harus dijaga kelestariannya.

 

Reruntuhan Kota Ani, Turki

Ani terdengar seperti nama orang, bukan? Di Turki, Ani merupakan nama sebuah kota yang berada di jalan lintas perdagangan internasional sekitar 1.500 tahun yang lalu. Kota yang sangat sibuk ini berada di tepian sungai Akhurian pada satu sisi dan pegunungan berbahaya di sisi lainnya. Pemandangan yang disuguhkan pun luar biasa indahnya dan situs warisan dunia ini merupakan salah satu kebanggaan nasional masyarakat Turki.

 

Mistaken Point, Kanada

Mistaken Point adalah salah satu obyek wisata berupa tebing sepanjang 17 km di sebelah tenggara pantai di area Newfoundland, Kanada. Jika berkunjung ke tempat ini, kamu bisa menemukan beberapa fosil laut tertua di dunia yang terbentuk pada lebih dari 500 juta tahun yang lalu. Mengagumkan, bukan? Selain itu, pengunjung juga bisa menjelajahi daerah perkotaan kecil di sekitar tempat tersebut yang memiliki desain bangunan unik serta berwarna-warni.

 

Kepulauan Revillagigedo, Meksiko

Situs warisan dunia selanjutnya berada di kepulauan terpencil yang terletak di bagian timur Samudera Pasifik yang sebenarnya merupakan bagian dari sebuah pegunungan terendam. Kepulauan Revillagigedo ini terdiri atas empat buah pulau, yaitu Clarion, San Benedicto, Socorro, dan Roca Partida yang semuanya merupakan tempat bersarang dan berkembang biaknya ribuan burung laut. Untuk itu, UNESCO menjadikan tempat ini sebagai situs warisan dunia.

 

Bersiap untuk berlibur ke salah satu situs warisan dunia tadi? Pastikan kamu tetap menjaga kelestarian alam yang ada di sekitar tempat tersebut agar generasi selanjutnya tetap bisa menikmati keindahan situs warisan dunia itu, ya! Happy weekend!

Comments

comments

Inas Twinda Puspita
inas.higilabs@gmail.com

Take any challenge as a creative opportunity.